Benarkah Lipstik Berbahaya Untuk Kesehatan Konsumen

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM– Pernah terpikir bahan apa saja yang terkandung dalam lipstik yang Anda poles ke bibir setiap hari? Dari mana asalnya warna-warna terang yang membuat bibir Anda terlihat cerah itu?

Campaign for Safe Cosmetics mengklaim kalau mereka menemukan kandungan timbal dalam 33 merek lipstik terkenal yang mereka teliti. Sebuah studi lain oleh University of California menemukan logam-logam berbahaya dalam 8 sampel lipstik dan 24 lip gloss, antara lain kromium, kadmium, mangan, aluminium, dan timah. Meskipun jumlah masing-masing sangat kecil, apakah ini berarti lipstik berbahaya untuk kesehatan konsumen?

Ternyata studi yang dilakukan oleh Food and Drug Administration justru berkata sebaliknya. Mereka telah meneliti kemungkinan bahaya penggunaan lipstik berbahan timbal. Lipstik lumrahnya memang mengandung timbal (dari pewarna) dan beberapa jenis logam lainnya. Namun menurut mereka, lipstik adalah produk yang ditujukan untuk penggunaan topikal. Hanya sejumlah kecil dari kandungan lipstik yang diserap oleh tubuh. Dan kandungan logam berbahaya dalam lipstik pun sangat kecil. Jadi tidak masuk kategori berbahaya.

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Cancer Council Western Australia. Menurut mereka, setiap hari manusia terekspos logam berat dari sumber-sumber lain yang jumlahnya lebih besar. Misalnya saja dari udara yang dihirup, air, dan limbah industri. Logam berat dalam lipstik baru berbahaya ketika terakumulasi dengan logam dari sumber-sumber lain yang mengendap di dalam tubuh.

Jadi, meskipun lipstik mengandung sejumlah logam yang bisa membahayakan kesehatan pemakainya, tetapi kandungannya sangat kecil hingga tidak bisa digolongkan berbahaya. Namun, untuk berjaga-jaga alangkah baiknya kalau kita tidak menggunakan lipstik sepanjang waktu. Rutin membersihkan makeup secara maksimal sebelum tidur bisa menjadi langkah yang bijaksana untuk menghindarkan diri dari risiko.

(tsr/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*