Catatan Priandoko: Bencana Telah Usai, Rasa Kemanusiaan Tanpa Mengenal Akhir

Catatan Priandoko

 

Catatan Priandoko Almadani: Bencana Telah Usai, Rasa Kemanusiaan Tanpa Mengenal Akhir

Catatan Priandoko Almadani: Bencana Telah Usai, Rasa Kemanusiaan Tanpa Mengenal Akhir

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bencana telah berakhir. Namun rasa kemanusiaan tanpa mengenal akhir.

Meskipun banjir telah surut, tidak serta merta menjadikan rasa kepedulian ikut surut. Hingga tak jarang rasa kepedulian dapat menjadi sebuah ikatan yang menyatukan setiap hati dan pikiran.

Rasa kepedulian itu yang kemudian menjadi jalinan ikatan yang kuat yang menggerakkan hati dan pikiran para anak muda yang tergabung dalam Posko Bersama. Posko yang didirikan dalam aksi tanggap bencana banjir dan longsor yang telah melanda di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat.
Berasal dari bendera yang berbeda, yakni NGO, Komunitas, penggiat alam, hingga masyarakat biasa dengan latar belakang yang berbeda, mereka bersatu dalam barisan relawan posko bersama. Dengan satu tujuan, yakni aksi kemanusiaan banjir dan longsor pangkalan.

Riva Setiawan, pemuda kelahiran 34 tahun lalu yang yang tinggal selama 6 tahun telah menetap di Jorong Pauh Anok kemudian menjadi koordinator relawan posko bersama.

“Jika kita hitung sejak awal bencana ini datang hingga di tutupnya posko ini, kurang lebih ada sekitar 500 relawan yang tergabung dengan kita di posko bersama,” ungkap Riva.

Meski berasal dari berbagai bendera, namun mereka para relawan tetap solid dalam aksi-aksi kepeduliannya.
Beragam aksi telah dilakukan oleh relawan posko bersama, mulai dari evakuasi, asesment bencana dan pemetaan lokasi, dapur umum, aksi bersih-bersih, menyuplai air bersih, sekolah ceria, hingga pendistribusian bantuan yang terhimpun dari berbagai donatur. Posko bersama tersebut berlokasi di dua titik yakni di Jorong Pasar Baru dan Jorong Pauh Anok.

Kami bertemu dengannya saat kami datang menyalurkan bantuan donasi dari karyawan Telkomsel dan PERISKASEL. Jorong Sopang dan jorong Pauh Anok adalah dua titik posko menjadi sasaran kami dalam menyalurkan paket bantuan berupa sembako setelah kami berkoordinasi dengannya.

Ini adalah aksi lanjutan dari MTT Sumbagteng setelah sebelumnya tiga hari membuka posko kesehatan bagi masyarakat terdampak banjir di pangkalan.

Riva mengaku mulai aktif dan tertarik dalam dunia kerelawanan sejak dirinya masih menjadi mahasiswa.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas