Bengkel Las Ketok Ludes Di lalap Sijago Merah

Bengkel las ketok yang ludes dilalap sijago merah.

Bengkel las ketok yang ludes dilalap sijago merah.

Padangpariaman, PADANGTODAY.com-Kebakaran kembali melanda Padangpariaman, satu unit semi permanen yang biasa digunakan untuk bengkel hangus terbakar dikorong Toboh Olo ke Nagarian Toboh Gadang Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Padangpariaman, Selasa(21/4) dini hari.

Kebakaran diketeahui warga pukul 14.30 WIB, dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB. Api yang berasal dari pengelasan yang biasa digunakan oleh para pekerja las ketok tersebut menyambar drum thiner yang mudah terbakar.

Sebut saja Buyung, (40) salah satu karyawan las ini mengatakan kepada www.padang-today.com, kebakaran berasal dari percikan las, sehingga menyambar sebuah drum yang berisi thiner tersebut api sangat cepat berkobar dan menjalar keseluruh ruangan bengkel, jelasnya.

“Api berasal dari pengelasan dengan cepat menyambar drum thiner yang tutupnya tengah terbuka, api berkobar sangat besar, sehingga menghangguskan. Namun kami berupaya untuk memadamkan dengan alat seadanya,”ungkap Buyung.

Saya juga tidak menyadari kejadian ini, tambah Buyung, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 14:30 WIB ini sempat membuat macet Jalan Pariaman-Lubuk Alung sejauh 100 meter, karena lokasi kejadian persis dipinggir jalan,tandasnya.

Kemudian, Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB setelah 3 unit mobil Damkar Padangpariaman dengan 25 personil pemadam turun kelokasi kejadian. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir lebih dari Rp100 juta, termasuk satu jenis motor vixion, jupiter dan tiger milik karyawan tidak berhasil diselamatkan.

Amiruddin Kapala BPBD Padang Pariaman ketika menjawab para awak media mengatakan, kebakaran disebabkan kelalaian pekerja bengkel las. “Ketika salah seorang pekerja sedang melakukan pengelasan, ia mendengar panggilan telepon berbunyi, kemudian pergi ke dalam kamar untuk mengangkatnya, sedangkan api las yang masih menyala lupa dimatikan, api las inilah yang menyambar tabung gas yang berada dalam bengkel, kemudian meledak dan kebetulan didalam bengkel juga ada drum berisi cairan thinner sehingga semuanya dengan sangat mudah dimakan api,”ujar Amiruddin.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*