Benjamin Netanyahu Tidak Akan Biarkan Hamas Menangkan Diplomatik

gencatan-senjata-gaza-diperpanjang-selama-24-jamPalestina, PADANGTODAY.com – Pemerintah Mesir menyatakan dalam pernyataannya bahwa kesepakatan belum tercapai, tapi pembicaraan bertujuan untuk mencapai gencatan senjata jangka panjang akan terus berlanjut.

Advertisements

“Palestina dan Israel menyepakati perpanjangan gencatan senjata sampai 24 jam untuk melanjutkan negosiasi saat ini,” kata kantor berita resmi Mesir, mengutip pernyataan pejabat di Kairo.

Sejak pekan lalu, Mesir telah mengadakan pembicaraan tidak langsung antara Israel dan Hamas ditujukan untuk mengakhiri perang sudah terjadi sebulan. Tapi hanya beberapa jam sebelum gencatan senjata sementara selama lima hari akan berakhir pada tengah malam, masih belum jelas apakah kesepakatan jangka panjang akan tercapai.

Pejabat Departemen Kesehatan Gaza Ashraf al-Kidra kemarin mengatakan korban tewas akibat pertempuran telah melonjak menjadi lebih dari 2.000 warga Palestina. Ribuan rumah hancur, dan puluhan ribu orang masih meringkuk di tempat penampungan khusus milik PBB. Sedangkan korban tewas di pihak Israel berjumlah 67 orang.

Mesir bertemu kedua belah pihak kemarin, namun kesenjangan tampaknya tetap lebar. Hamas menuntut diakhirinya tujuh tahun blokade Israel-Mesir di Gaza yang telah menghancurkan perekonomian lokal. Sementara Israel menginginkan jaminan bahwa Hamas, yang menembakkan ribuan roket ke Israel selama pertempuran, akan dilucuti.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengatakan pada pekan ini dia tidak akan membiarkan Hamas memenangkan kemenangan diplomatik di meja perundingan.

(mr/nol)