Beredar Kabar Puluhan WNI Ditahan Oleh Pemberontak

ilustrasi pemberontakkan

ilustrasi pemberontakkan

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Beredar kabar puluhan warga negara Indonesia (WNI) di Yaman ditahan oleh pemberontak. Mereka adalah santri dari Pesantren Darrul Hadist, Kota Dammaj. Beberapa dari mereka ditangkap dari berbagai masjid, salah satunya adalah masjid As Sunnah di Kota Sawan.

Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengaku sudah mendengar kabar tersebut. “Kemlu sudah dengar ada yang ditahan, namun masih dicek kebenarannya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, Sabtu (28/3).

Sementara itu pejabat KBRI Yaman Maulana Akbar mengatakan, pihak KBRI Yaman sudah mendapat informasi tersebut. “Informasi yang kami 23 WNI di tawan oleh aparat keamanan, namun mereka kan ya seperti diketahui pihak keamanan sebagian sudah dikuasai pemberontak, mereka bisa berpenampilan seperti polisi, memakai atribut pihak keamanan. Kami juga menerima informasi dari kawan-kawan yang tidak ditangkap, tapi mereka juga mendapat informasi second hand. Mereka diperiksa kelengkapan dokumen,” jelas Maulana .

Maulana melanjutkan, saat ini pihak KBRI masih menelusuri dan mencoba menghubungi pihak yang menahan para WNI. “Saat ini kami sudah mengontak kawan-kawan yang dikontak, lalu kami mencoba mengontak pihak pemberontak itu dan dari informasinya dari pihak pemberontak dia hanya tahu ada yang ditangkap tapi tidak memberi alasan kenapa ditangkap. Saat ini kami hanya bisa berspekulasi mereka ditangkap terkait dengan kelengkapan dokumen. Kami akan menghubungi pihak terkait,” jelas Maulana.

Maulana berharap WNI yang ditahan tersebut segera dibebaskan seperti 20 warga negara lain yang sempat ditangkap namun sudah dibebaskan.

(siw/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*