Berhasil Mendarat Di Mars, NASA Habiskan Perjalanan 711 Juta Kilometer

pesawat-ke-marsAmerika Serikat, PADANGTODAY.com – Pesawat ruang angkasa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Maven kemarin tiba di orbit Mars setelah melakukan perjalanan Sekitar 711 juta kilometer. Keberangkatan hampir setahun lalu ini diklaim berhasil oleh NASA.

Advertisements

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (22/9), misi ini menghabiskan dana Rp 8,2 triliun. Pesawat dengan robot penjelajah berhasil memasuki orbit Planet Merah itu. “Ini malam yang luar biasa bagi ilmu pengetahuan,” ujar John Grunsfeld, kepala NASA bagian ilmu pengetahuan.

Pengendali penerbangan di Negara Bagian Colorado menghabiskan enam pekan ke depan untuk menyesuaikan gerak Maven dengan atmosfer di Mars. Para ilmuwan percaya atmosfer di Mars bisa membuka pengetahuan soal kondisi planet itu apakah kelak bisa dihuni manusia atau tidak.

NASA meluncurkan Maven tahun lalu. Sebelumnya perjalanan pesawat ruang angkasa ke Mars selalu gagal. Maven diciptakan untuk mengumpulkan data soal Mars termasuk kondisi tanah, udara, dan air selama setahun ke depan.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*