Berikut 5 Aksi Ajaib Marc Marquez Di Kelas Para Raja

meniru-aksi-rossi-rev1PADANGTODAY.com – Marquez yang kini makin matang pun masih melenggang mulus di posisi puncak klasemen pembalap sementara. Meski matang, bukan berarti Marquez kini tak lagi agresif di atas lintasan. Dirinya pun juga masih terus memecahkan beberapa rekor baru di balap MotoGP.

Advertisements

Berikut 5 Aksi ajaib Marc Marquez selama berkarir di kelas para raja.

1.Pemecah rekor
Kiprah Marquez yang begitu fantastis di MotoGP berbuah banyaknya rekor yang dipecahkannya di kelas ini. Rekor terakhir yang berhasil dicapainya adalah memenangi balap MotoGP selama 10 kali secara beruntun di MotoGP, menyamai legenda balap MotoGP asal Australia, Mick Doohan.

Selain rekor tersebut, Marquez pun juga berhasil memecahkan bayak rekor selama berkiprah di MotoGP yang membuatnya sebagai salah satu pembalap muda paling berprestasi di sepanjang sejarah penyelenggaraan MotoGP.

2.Meniru aksi Rossi
Peraih gelar juara dunia termuda di kelas MotoGP ini memang dikenal sebagai salah satu fans Valentino Rossi.

Soal skill dan aksi di atas lintasan pun Marquez tak mau kalah dan mencoba meniru semua aksi brilian di Rossi selama berkiprah di MotoGP.

Setidaknya, Marquez sudah berhasil melakukan aksi overtake agresif ala Rossi dan Gibernau saat Marquez bertarung dengan Lorenzo. Bahkan aksi overtake nekat Rossi ke Stoner di sirkuit Laguna Seca berhasil ditiru Marquez. Hebatnya lagi, saat melakukan aksi overtake di tikungan corkscrew tersebut, Rossi lah yang menjadi korban Marquez.

3.Overtake agresif
Marquez di beberapa seri balap MotoGP di 2014 terlihat begitu santai memulai balap, namun dirinya akan memulai aksi overtake khasnya yang agresif ketika memasuki pertengahan balap.

Salah satu aksi overtake agresif Marquez yang paling diingat oleh pecinta MotoGP adalah ketika dirinya menyalip Jorge Lorenzo di GP Jerez 2013. Aksi agresif Marquez pun bisa dilihat di GP Ceko dua pekan lalu di mana dirinya sempat melakukan aksi saling salip dengan Andrea Iannone untuk memperebutkan posisi ke empat di awal balap.

4.Belok dengan kemiringan ekstrem
Aksi ajaib yang berhasil ditunjukkan Marquez selama berkiprah di ajang MotoGP adalah gaya melibas tikungannya dengan cara merebah hingga sikunya menyentuh lintasan.

Dengan cara ini, Marquez pun bisa melibas setiap tikungan di lintasan dengan sudut putar yang lebih pendek dari pembalap lainnya, sehingga tak heran dirinya menjadi langganan pole-position di hampir tiap seri balap MotoGP.

Bahkan dalam sesi tes di sirkuit Brno beberapa pekan lalu, Marquez sempat melakukan manuver di tikungan hingga menembus kemiringan 68 derajat. Aksi ini pun membuat wear-pack Marquez di bagian lengan atas tergesek aspal hingga terkelupas. Ajaibnya, Marquez berhasil bertahan di atas motornya tanpa terjatuh meski lengan atasnya sudah bergesekan dengan permukaan lintasan.

5.Aksi braking sampe roda belakang terangkat
Keagresifan Marquez di atas lintasan juga terlihat kala dirinya melakukan aksi braking atau mengerem saat ingin memasuki tikungan.

Tak jarang, Marquez nekat melakukan late-braking hingga ban belakangnya terangkat tinggi. Namun meski sering melakukan aksi mirip stoppie ini, Marquez jarang melebar kala melahap tikungan di balap MotoGP.

Perlu diketahui, saat ini Marquez menggunakan sistem buka tutup gas dengan sistem elektronik atau ride-by-wire electric. Sistem ini sendiri menjalankan proses buka tutup gas tanpa kabel sehingga membuat proses tersebut jadi lebih ringan. Menariknya, teknologi yang tercipta tahun 2013 lalu ini hanya digunakan Marquez saja saat ini. Pembalap lain seperti Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa pun tak menggunakannya karena dirasa teknologi tersebut menghilangkan feeling buka-tutup gas karena begitu ringan.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*