Berikut Ciri-Ciri Makanan Rendah Indeks Glikemik

rotiPADANGTODAY.com – Karbohidrat dapat meningkatkan glukosa darah namun karbohidrat dalam makanan dapat jadi sumber energi. Karenanya perlu dipilih bahan makanan rendah indeks glikemik agar gula darah terkendali.

Advertisements

Naiknya glukosa darah memicu pankreas melepaskan hormon insulin yang bertugas memangkas glukosa berlebih. Insulin berlebih mengakibatkan perut cepat lapar dan memicu lebih banyak konsumsi makanan manis.

1. Manfaat konsumsi makanan rendah Indeks Glikemik
Konsumsi makanan berkabohidrat dengan Indeks Glikemik atau Glycemic Index (GI) rendah menyebabkan peningkatan tingkat glukosa dalam darah secara stabil. Peningkatan bertahap dalam pelepasan insulin bisa membuat tubuh tetap berenergi dan mendorong tubuh untuk membakar lemak.

2. Ciri- ciri umum makanan rendah Indeks Glikemik
Secara umum, karbohidrat yang tidak melalui banyak proses olahan mengandung indeks glikemik rendah. Sementara tepung dan gula putih tinggi nilai Indeks Glikemik. Selain itu, bahan makanan rendak indek glikemik, kaya akan serat yang berfungsi memperlambat penyerapan gula dalam darah.

Beberapa makanan rendah GI adalah roti whole grain, buah segar, dan yogurt. Sementara makanan dengan nilai GI tinggi antara lain pisang matang, yogurt rasa buah, saus tomat, biskuit cokelat, dan cornflakes.

3. Kombinasikan makanan dengan nilai GI berbeda
Makanan dengan indeks glikemik lebih dari 70 dikategorikan makanan tinggi GI karena memicu peningkatan gula darah, GI 55-69 adalah makanan medium GI, dan dibawah 55 sebagai makanan rendah GI. Respon glikemik juga bergantung kombinasi makanan yang dikonsumsi. Baked potato panggang yang tinggi nilai GI bisa dinikmati bersama keju (protein), dan salad (serat).

4. Menyiasati saat makan di luar
Saat makan di restoran rasanya sulit untuk menerapkan diet rendah GI. Siasti dengan trik seperti mengganti kentang goreng menjadi salad segar. Jika ingin mengonsumsi minuman alkohol, pastikan memesan makanan kecil. Pesan sandwich yang memakai roti putih dengan isian sayuran dan selai kacang kaya protein. Langkah ini bisa memperlambat pencernaan dan membatasi naiknya kadar gula darah.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*