Berikut Ini Bahan Alami Yang Dapat Atasi Sakit Perut

Pepaya-Callina-2PADANGTODAY.com – Sakit perut atau perut yang terasa tak nyaman bisa disebabkan oleh banyak faktor termasuk stres, merokok, minuman, diet, alergi, hormon yang tak seimbang, dan lainnya. Banyak orang yang langsung minum obat ketika sakit perut. Namun ada baiknya untuk tak terburu-buru minum obat. Ada banyak bahan alami yang bisa membantu Anda mengatasi sakit perut.

Menggunakan bahan alami untuk mengatasi sakit perut akan menghindarkan Anda dari zat kimia yang terdapat dalam obat dan dari efek samping yang kemungkinan disebabkan oleh obat itu. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan sakit perut.

1. Cuka sari apel
Cuka sari apel adalah cuka yang dihasilkan dengan fermentasi sari apel. Bahan alami ini sudah digunakan bertahun-tahun untuk meredakan sakit perut. Caranya mudah, cukup minum satu sendok makan cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air. Ini sangat efektif bagi orang yang produksi asam lambungnya kurang sehingga tak bisa mencerna makanan dengan optimal. Jika perut Anda terlalu asam, tambahkan satu sendok teh baking soda untuk mengurangi keasaman cuka apel.

2. Madu mentah
Madu kaya akan enzim yang membantu proses pencernaan. Selain itu, madu juga memiliki kekuatan untuk mengatasi infeksi flu dan berbagai macam bakteri seperti E.coli, candida, dan lainnya. Anda bisa menambahkan madu pada minuman atau mengonsumsinya langsung.

3. Pepaya
Buah tropis yang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia ini mengandung enzim yang bisa menyehatkan usus. Pepaya sangat efektif untuk membongkar protein yang menyebabkan perut sakit atau tak nyaman. Konsumsi pepaya yang masih segar untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

4. Baking soda
Campurkan satu sendok teh baking soda pada air untuk mengurangi keasaman perut, mulas, atau kesulitan mencerna makanan. Namun jangan gunakan baking soda jika Anda memiliki darah tinggi atau perut sedang penuh.

5. Rempah-rempah
Rempah seperti jahe, peterseli, dan lainnya bisa membantu melancarkan pencernaan dan meredakan rasa tak nyaman pada perut. Jahe juga sangat bermanfaat untuk meredakan sakit perut dan perut yang penuh gas.

6. Teh herbal
Selama berabad-abad, teh herbal digunakan untuk meredakan sakit perut yang tak terlalu parah. Gunakan chamomile, mint, lemon, kayu manis, jahe, dan lainnya untuk ditambahkan pada teh herbal agar khasiatnya lebih terasa.

7. Probiotik
Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt dan lainnya baik untuk menyeimbangkan bakteri dalam usus dan sistem pencernaan. Karena itu, makanan yang banyak mengandung probiotik sangat baik dalam mencegah dan meredakan sakit perut.

Bahan alami di atas tak mahal dan bisa digunakan dengan mudah. Anda juga bisa menemukan bahan-bahan tersebut di dapur. Mengobati sakit dengan bahan alami akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda dalam jangka panjang. Karena itu, jangan terburu-buru minum obat saat sakit perut.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*