Berikut Ini Tips Agar Apel Tak Kecokelatan Saat Dipotong

apeelPADANGTODAY.com – Daging buah apel dapat berubah warna menjadi cokelat karena enzim yang ada dalam buah berinteraksi dengan udara. Hal ini membuat tampilan apel kurang menarik. Untuk menghindari proses ini apel dapat direndam dengan bahan alami.

Beberapa bahan alami yang tersedia di dapur ini dapat Anda gunakan untuk mencegah apel yang sudah dipotong menjadi kecokelatan.

1. Jus lemon
Jus lemon bisa mencegah oksidasi karena mengandung asam sitrat yang merupakan anti-oksidan yang efektif. Cara penggunaan lemon ada dua macam yaitu mengoleskan jus lemon ke bagian daging apel yang dipotong atau rendam potongan apel ke dalam air dingin yang diberi jus lemon. Gunakan 1 sdm jus lemon dengan secangkir air dan rendam selama 3-5 menit. Jika tak ada lemon, pakailah jeruk nipis.

2. Garam
Garam merupakan pengawet alami dan dapat efektif untuk mencegah apel kecokelatan. Larutkan 1/2 sdt garam dengan satu liter air dingin. Rendam potongan apel dalam air asin dan biarkan selama 3-5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih agar rasa asinnya hilang.

3. Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi mengandung asam sitrat yang juga berguna untuk mencegah apel menjadi cokelat. Lemon lime soda dan jahe merupakan pilihan yang paling populer yang dapat digunakan untuk merendam potongan apel.

4. Rebus apel
Taruh potongan buah apel ke dalam panci berisi air mendidih dan diamkan selama lima menit kemudian bilas dengan air dingin. Teknik ini dinamakan dengan blanching atau blansir, dimana dengan cara ini daging apel akan lebih lembut.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas