Berlangsung Sederhana, Prosesi Paripurna HJK ke-230 Padangpanjang Tetap Khidmad

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno diapit Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah beserta wakil ketua bersama Walikota Fadly Amran dan Wawako Asrul saat prosesi Paripurna HJK ke-230 Padangpanjang.

Padangpanjang, TODAY—Sebagai mana Pasal 2 Peraturan Daerah (Perda) Kota Padangpanjang Nomor 17 Tahun 2004 tentang Penetapan Hari Jadi Kota (HJK), kembali digelar Rapat Paripurna DPRD sebagai pucak peringatan usia ke-230 Kota Padangpanjang di gedung dewan setempat, Selasa (1/12) kemarin.

Kembali pada momentum HJK Padangpanjang, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk keduakalinya hadir memberikan apresiasi khusus terhadap kota berjuluk Sermbi Mekkah itu. Irwan menilai perayaan yang dirasakan cukup sederhana pelaksanaannya itu, memiliki suatu aura yang sangat luar biasa. Romantis. Hal ini dikatakannya patut dicontoh kabupaten kota lainnya di Sumbar, dalam menjalin harmonisasi untuk menciptakan pemerintahan yang kuat.

“Keharmonisan Pemko dan DPRD Padangpanjang ini, sangat patut dicontoh daerah lain. Dan saya yakin, kebersamaan yang luar biasa ini akan mampu mewujudkan Padangpanjang yang tangguh dan berdaya saing. Semoga momentum HJK ke-230 Tahun ini, merupakan gerbang Padangpanjang yang lebih baik lagi ke depannya,” ujar Irwan.

Sementara sebelumnya, Ketua DPRD Kota Padangpanjang Mardiansyah dalam sambutannya menungkapkan Paripurna tersebut merupakan bentuk rasa syukur atas segala nikmat dan rahmat yang diberikan Allah SWT,  sehingga sampai usia yang ke-230, Kota Padangpanjang dapat terus dan makin berkembang sejajar dengan kota-kota lainnya di Sumbar.

Pada kesempatan rapat yang dihadiri 18 dari 20 anggota DPRD yang hadir, Mardiansyah mengharapkan semua komponen masyarakat kota sejuk itu tetap semangat bekerja dan beraktivitas sereta berkarya demi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan. Begitu juga komunikasi, koordinasi dan sinergi antar semua pihak, dapat terus dikembangkan untuk bahu membahu membangun dan menata kota Padangpanjang yang lebih maju lagi.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf, karena pada peringatan tahun ini kita selenggarakan dengan sangat sederhana tanpa resepsi dan acara hiburan lainnya sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kami berharap semoga kepatuhan terhadap protokol kesehatan ini juga diterapkan tidak hanya dalam kegiata HJK, namun juga disetiap kegiatan di Kota Padangpanjang, agar kita dapat menekan dan mencegah penyebaran covid-19,” papar Mardiansyah yang turut didampingi Wakil Ketua Yulius Kaisar dan Imbral.

Meskipun perayaan dilaksanakan dengan sangat sederhana, Mardiansyah menyebut tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan menyambut HJK Padangpanjang ini. Dirinya berharap semoga semangat pemuda selalu membara untuk memajukan kota ini, sehingga mampu mengharumkan di tingkat nasional, bahkan mungkin internasional.

“Semoga petuah dan nasehat para ulama, niniak mamak kita selalu tercurah sehingga kota kita ini selalu tenteram, nyaman dan berkah dari Allah SWT. Kami berharap dengan kebersamaan kita semua disini yang mewakili semua lapisan masyarakat, pembangunan Kota Padangpanjang dapat memperoleh hasil maksimal lagi ke depannya,” ucap Mardiansyah sembari menyebut bahwa DPRD kembali mengikhlaskan peniadaan Pokir di 2021 untuk kebaikan semua.

Mewakili suara legislatif, Mardiansyah menyampaikan harapan agar setiap program yang telah direncanakan dapat secepatnya direalisasikan agar azas manfaat dapat dirasakan masyarakat. Ditambah  lagi kondisi ekonomi masyarakat setahun belakangan mengalami masa-masa sulit akibat adanya pandemi covid-19, pelaksanaan program kegiatan harus dilaksanakan tepat waktu.

Suasana Rapat Paripurna HJK ke-230 Kota Padangpanjang.

“Dinilai dari kondisi yang ada, covid-19 belum terlihat akan berakhir, sehingga pihak Pemko Padangpanjang diharapkan bisa melihat peluang di pusat. Hal ini mengingat kondisi APBD kita yang telah banyak tersedot untuk penanganan covid-19 pada tahun ini,” harap Mardiansyah sembari mengucapkan selamat HJK ke-230 Kota Padangpanjang untuk masyarakat secara umum.

Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam sambutannya meyampaikan, HJK merupakan suatu kebahagiaan bagi masyarakat Kota Padangpanjang. Meski di tengah Covid-19, peringatan HJK tetap berjalan khidmat.

Lebih lanjut dikatakan,  HJK merupakan kilas balik dan refleksi Pemko dan masyarakat agar menjadi lebih baik ke depannya.  Di tahun 2020,  Pemko menargetkan sejumlah program yang akhirnya dialihkan dalam penanggulangan Covid-19.

Meskipun begitu, Pemko tetap berjuang, sejumlah prestasi pun tetap diraih.  Antara lain, Indonesia Smart Nation Award (ISNA) kategori  Smart Environment, STMB berkelanjutan, Nugra Jasa Darma Pustokloka Kategori Pejabat, Bronze Winner Tourism Award, Natamukto Award, Goverment Creatvity Innovation Entreprenuership Leadership Award ( kategori wisata berbasis kelurahan), Pasar SNI dan Rumah Kemasasan, Apresiasi Kementerian Perdagangan atas program “Tembang Indah Si Jempol  (Tera Ulang Insyaa Allah Membawa Berkah, Siap Jemput Bola) dan banyak lagi penghargaan yang telah diraih oleh Kota Padangpanjang.

“Pemko terus mengejar target dan berupaya merealisasikannya seiring disahkannya  APBD 2021. Seperti  pembenahan sarana prasarana Pasar Pusat Padangpanjang, pembangunan pedestrian dan lanjutan pengadaan tanah dan perencanaan Sport Center,” ungkap Fadly seraya kembali mengingatkan semua pihak nuntuk tetap mewaspadai wabah Covid-19.

10 Tokoh Terima Pin Emas

Momentum peringatan Hari Jadi Kota (HJK) ke-230, Pemerintah Kota Padangpanjang juga menyematkan Pin Emas kepada 10  tokoh masyarakat yang berjasa ikut memberikan sumbangsih dan prestasinya di bidangnya masing-masing dalam kemajuan Kota Padangpanjang.

Ketua DPRD Padangpanjang Mardiansyah bersama Walikota Fadly Amran dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan penghargaan dan Pin emas kepada 10 tokoh masyarakat.

Penyematan pin ini, dilakukan langsung Gubernur  Sumbar, Prof. Dr. H, Irwan Prayitno, S.Psi, MSc Datuak Rajo Bandaro Basa bersama Walikota, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Walikota, Drs. Asrul dan Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md usai rapat paripurna istimewa DPRD yang digelar di ruang rapat DPRD, Selasa (1/12).

Sepuluh tokoh yang mendapat Pin Emas  tersebut antara lain, Dr. Sulaiman Juned, S.Sn, M.Sn sebagai Tokoh Seni Budaya dan Istiadat, dr. H. Syuir Syam, M.Kes, MMR (Tokoh Kesehatan), Drs. H. Hamidi Labai Sati (Tokoh Keagamaan), Reflida (Tokoh Pemberdayaan Perempuan), Hariyanto, A.Md (Tokoh Lingkungan Hidup),

Selain itu juga diberikan kepada Dr. H. Novi Hendri. SE, M.Si (Tokoh Kemanusiaan), Aprisman Aranda (Tokoh Kepemudaan dan Olahraga), Yusnidar (Tokoh Koperasi, Dunia Usaha dan UKM), Niki Martoyo, S.Pt (Tokoh Pendidikan), dan Syamsoedarman (Tokoh Sosial dan Kemasyarakatan). (ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*