BERPOLITIK ITU JANGAN BAPERAN

Oleh: Edriana Noerdin

DIREKTUR PENELITI WOMEN RESEARCH INSTITUTE

Seorang Prabowo adalah figur yang oleh pendukungnya dianggap bisa memimpin bangsa untuk memperjuangkan prinsip-prinsip kebenaran yg diyakini. Jadi bagi para pendukungnya sebaiknya tetap berpegang pada prinsip dasar tersebut, sehingga dimanapun Prabowo berada selagi beliau memperjuangkan apa yg dianggap benar tentu harus tetap didukung?

Inshaa Allah kita tetap berdoa semoga Prabowo tetap berjuang bersama rakyat, untuk kepentingan bangsa. Semoga benar apa yang beliau katakan bahwa beliau masuk ke dalam regime untuk menyelamatkan negara. Karena kita sekarang sedang berada pada situasi political uncertainty dimana kita sedang menghadapi persoalan besar sebagai bangsa. Kekuatan-kekuatan asing, baik negara maupun swasta, sedang mengintai kapan bangsa ini berada pada situasi yang ringkih.

Persoalan geo-ekonomi dan geopolitik yang ditimbulkan oleh persaingan antara AS dan Cina menjadi keprihatinan utama Prabowo. Perang dagang dan teknologi antara dua negara adidaya tersebut sekarang ini berimbas negatif pada Indonesia.
Padahal seharusnya bisa dimanfaatkan untuk menarik investasi dan membuat surplus neraca perdagangan Indonesia. Perang geopolitik antara AS dan Cina untuk memperebutkan sumber-sumber daya alam, baik yang di darat maupun di dasar laut, juga belum bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk kemaslahatan kesejahteraan rakyat.

Negara kita membutuhkan figur Prabowo yang punya perhatian, prihatin, yang paham betul mengenai masalah-masalah geo-politik dan geo-ekonomi ini sehingga kekayaan alam kita bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sekarang Pak Prabowo di bully karna sikap politiknya. Bahkan ada yang mengatakan beliau berkhianat kepada rakyat?

Saya sangat yakin bahwa beliau tahu persis konsekuensi dari langkah politik beliau, tentu ada yang setuju dan tidak sedikit yang menghujat. Bahkan ada yang mengatakan: “Seorang calon presiden kok sekarang malah mau menjadi pembantu presiden?”

Kalau tidak sedang memperjuangkan sebuah gagasan besar tentang bagaimana negara dan bangsa harus bisa memposisikan diri dalam konteks geo-politik dan geo-ekonomi global ini dan mengambil manfaat untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, saya yakin beliau tidak akan melakukan ini semua.

Dalam politik memang kita harus siap maju selangkah dan mundur dua langkah atau bahkan sebaliknya. Karena politik memang adalah perang gagasan dan tarik ulur kepentingan, dan tentunya kepentingan yang berpihak untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat banyak.

Kembali saya belajar kalau berpolitik itu jangan baperan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas