Bersama PHBI, Provinsi Sumbar Putuskan Shalat Idul Fitri Di Masjid Raya

Sekda Ali Asmar

Sekda Ali Asmar

Advertisements

Padang, PADANG-TODAY.com-Shalat Idul Fitri di Sumatera Barat tahun ini akan dilaksanakan secara berbeda. Selama beberapa tahun belakangan pelaksanaan Sholat Idul Fitri Sumatera Barat dipusatkan di halaman Kantor Gubenur. Namun, untuk tahun ini Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1437 H/2016 M. Dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. Segala persiapan telah dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

Hal ini merupakan hasil keputusan rapat PHBI Provinsi Sumatera Barat yang dilakukan pada Rabu (29/6). Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Dr H Ali Asmar MPd. Asisten Pembangunan dan Kesra Drs H Syafruddin, Kakanwil Kementrian Agama Provisni Sumbar, utusan Polda, Danrem, Ormas Muhammadiyah, Tarbiyah Islamiayah, serta beberapa SKPD terkait.

Sekdaprov Ali Asmar selaku Ketua PHBI Provinsi Sumatera Barat, di sela-sela rapat menyampaikan, pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. Ini bukan hal baru karena Masjid Raya Sumatera Barat juga telah dipakai untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri beberapa tahun sebelumnya, ketika hujan mendera Kota Padang. Tapi kali ini pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1437 H memang sengaja dipusatkan dihalaman Masjid Raya Sumatera Barat.

“Ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan, dan jika hujan kita tinggal pindah saja kedalam bangunan gedung bagian bawah secara maksimal, karena pada bagian atas gedung masih dalam penyempunaan pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat itu sendiri,” ungkap Ali Asmar.

Tahun ini juga merupakan tahun yang berbeda bagi Masjid Raya Sumatera Barat. Jika tidak ada halangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana juga akan melaksanakan sholat Idul Fitri bersama masyarakat Sumbar di Masjid Raya ini.

“Tentunya menjadi kebanggaan kita bersama, mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik dan sukses,” harapnya.

Sekda juga menjelaskan panitia PHBI Provinsi Sumatera Barat, bersama tim keamanan, Polda, Danrem, Satpol PP dan Dinas Perhubungan telah melakukan penataan tempat, di mana beberapa ruas jalan menuju Masjid Raya akan ditutup, seperti jalan Kh Ahmad Dahlan depan Telkom, juga akan dipakai tempat sholat hingga ke halaman Telkom dan sebelah ruas jalan Khatib Sulaiman hingga jalan ke Kopertis Wilayah X.

Parkir kendaraan akan dipusat di sekitar Padang Baru Timur, kantor-kantor di sekitar lokasi menjelang Masjid Raya. Masyarakat diharapkan berjalan kaki ke lokasi masjid raya dengan nyaman sebelum jam 7.00 WIB.

“Memang akan ada pengamanan oleh pihak kemanan, tapi masyarakat tidak usah sungkan, mari kita ramaikan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1437 H di Masjid Raya Sumatera Barat,” tambahnya memesankan.

Perkiraan lokasi Masjid Raya Sumatera Barat ini akan mampu menampung 20.000 lebih jemaah Sholat Idul Fitri.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Sumatera Barat, diharapkan tidak menganggu pelaksanaan Sholat Idul Fitri pada masjid sekitar yang juga melaksanakan pelaksanaan Sholat Idul Fitri seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kita berharap bagi masyarakat yang mengetahui ini, agar juga menyampaikan kepada masyarakat lainnya, sehingga kita dapat beramai-ramai datang melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama di Masjid Raya Sumatera Barat,” tutupnya menghimbau.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*