Bersepeda Sudah Jadi Agenda Rutin Pemko Pariaman

Pariaman Besepeda.

Pariaman Besepeda.

Advertisements

PARIAMAN,PADANGTODAY.COM -Kegiatan bersepeda sudah menjadi agenda rutin Pemko Pariaman semenjak dipimpin Walikota Pariaman H Mukhlis R. Sebab, dengan bersepeda Walikota Pariaman H Mukhlis R bersama wakilnya, Genius Umar dan jajarannya dapat menjemput aspirasi masyarakat dalam wilayahnya. Tak heran hampir setiap hari libur olahraga bersepeda dilaksanakan di Kota Pariaman.

Apalagi saat ini telah berdiri Komunitas Sepeda Indonesia (KSI) cabang Kota Pariaman. Lihat saja, bersepeda Minggu kemarin, langsung dipimpin Walikota Pariaman H Mukhlis R. Starnya, dimulai di Pandopo Walikota Pariaman.

Adapun bersepda kali ini juga bersama komunitas Gandoriah Sepeda Klub (GSK) menempuh route Pariaman Tengah – Pariaman Selatan. Kegiatan tersebut diikuti lebih kurang lebih 100 peserta, dari jajaran Pemko Pariaman.

Mulai dari unsur pimpinan daerah, pimpinan SKPD, camat, kepala sekolah, lurah dan kades, ketua organisasi propesi dan peserta individu lainnya bergabung didalam acara bersepeda tersebut.

Dengan mengambil tema start bersama merupakan penyegaran kegiatan komunitas sepeda dibawah naungan Pemko Pariaman dan Komite Sepeda Indonesia (KSI) yang secara rutin diadakan setiap Sabtu dan Minggu pagi. Kegiatan ini telah berlangsung sejak pasca gempa 2009 hingga sekarang.

Tujuannya, adalah sebagai upaya menumbuhkan semangat olahraga rekreatif yang dipandang positif dan efektif sebagai salah satu bentuk kegiatan diluar kedinasan untuk melakukan pemantauan aktivitas warga, mengamati gerak pembangunan, disamping untuk kesehatan badan serta mempererat silaturrahmi.

Sekaitan dengan kegiatan start bersama pada awal tahun 2015 ini, pengurus GSK yang diketuai Januismadi, melakukan ekspansi keanggotaan melalui edaran dan himbauan kepada semua lapisan untuk ikut bergabung.

Tidak hanya terbatas dilingkup pemerintahan, tapi juga mengajak semua lapisan masyarakat yang mencintai olahraga sepeda. Mulai dari jajaran pemerintahan seperti asisten dan staf ahli, kepala SKPD, sekretaris, kabag dan camat beserta jajarannya.

Disamping juga menghimbau kepala SLTA dan SLTP serta kemenang dan para kepala madrasah dijajarannya untuk ikut bersama-sama bersepeda keliling Kota Pariaman. Untuk ikut bersepeda, peserta dapat menggunakan jenis sepeda apa saja yang dimiliki, baik jenis sepeda sport, ontel, pixy, sepeda gunung dan sebagainya.

Akhirnya, bersepda ini juga dilaksanakan doorprize dan arisan anggota di Pantai Gandoriah Kota Pariaman.

Ketua Gandoriah Sepeda Klub (GSK) Januismadi menyampaikan pemberian doorprize dan arisan peserta, bahwa pada minggu keempat januari tepatnya hari Minggu tanggal 26 Januari 2015 direncanakan penarikan undian (doorprize) berupa 6 (enam) unit sepeda yang disediakan Walikota Pariaman, Wakil Walikota dan Sekda Kota Pariaman beserta donator lainnya.

Sehubungan itu setiap peserta yang telah bergabung katanya, diharuskan meregistrasi status keanggotaannya dan berfoto. Bagi yang telah bergabung diterbitkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dengan nomor keanggotaan nantinya akan dijadikan nomor undian saat doorprize dimaksud.

Kegiatan semacam itu katanya, akan terus diadakan secara berkala sepanjang kegiatan mingguan khusus bagi anggota GSK, disamping mengikuti event sepeda terbuka lainnya, baik di dalam maupun diluar daerah Kota Pariaman.

Sementara keikutsertaan aggota arisan mingguan, adalah bertujuan sebagai menjalin rasa kebersamaan. Bagi yang ikut arisan dapat mengikuti penarikan arisan setiap hari minggu. Jumlah yang menerima arisan mingguan berdasarkan kelipatan besaran dana yang terhimpun saat itu.

Pada kesempatan itu Walikota Mukhlis R dan Wawako Genius Umar didamping Sekda Armen dan Ketua Kadinda Jamohor serta Kepala-kepada SKPD, mengamati objek Muara Batang Jirak di Pantai Kata Karan Aur, yang sudah dinormalisasi.

Dari pengamatan tersebut perlu dilakukan tindak pembenahan dan penertiban kondisi oleh SKPD terkait. Diantaranya kondisi muara yang mulai mendangkal agar diupayakan untuk dilakukan pengerukan, serta melakukan penertiban terhadap biduk-biduk nelayan yang bersandar dan terlihat belum tertib.

Selanjutnya rombongan sepeda juga mengamati kondisi objek wisata Pantai Gandoriah, dimana Mukhlis R dan rombongan langsung memberikan arahan kepada aparat petugas penertiban parkir yang bertugas saat itu di sekitar pantai gandoriah (eri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*