Bersihan Kawasan TPA Regional, Plt. Walikota Priadi Goro dengan Pasukan Kuning Payakumbuh dan Bukittinggi

Raih Adipura,  Pasukan Kuning Terima Bonus dari Walikota

Raih Adipura, Pasukan Kuning Terima Bonus dari Walikota

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Puluhan anggota pasukan kuning dari dua daerah, Kota Payakumbuh dan Bukittinggi, bersama Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur,  bersinergi membersihkan Tempat Pemprosesan Akhir Sampah (TPA) Regional  di Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Payakumbuh Selatan, Sabtu (12/11). Hanya dalam rentang waktu dua jam TPA Regional milik UPTD Dinas Cipta Karya Sumatera Barat itu, tampak bersih. Semak belukar yang memenuhi saluran drainase, sudah tak ada lagi.

Hanya saja, goro membersihkan kawasan TPA Regional, lokasi pembuangan sampah yang kini baru dimanfaatkan tiga daerah Payakumbuh, Bukittinggi dan Limapuluh Kota itu, tidak diikuti petugas  TPA Regional yang berada di Payakumbuh. Kepala UPTD TPA Regionalnya, Sirdani, tengah berada di Padang.

Plt. Walikota Priadi Syukur berkali-kali mencoba menghubungi lewat telepon seluler Saidani, namun urung tersambung. “Kemungkinan Pak Saidani, ada tugas lain di Padang,” sebut walikota. Beberapa hari sebelumnya, menurut Priadi Syukur, rencana goro di TPA Regional itu, sudah disampaikan kepada pimpinan Saidani di Padang, tambahnya.

“Ya udah, yang penting kita saja bergotong royong.”  sebut Priadi Syukur, yang juga didampingi Asisten II Payakumbuh H. Amriul, Kepala DTRK Elfi Jaya, Kepala Lingkungan  Hidup Prima Yanuarita dan Kabid Kebersihan Men Apris. Kemudian dari Bukittinggi juga hadir Kepala LH Mardison dan Kabid Kebersihan Zulhemi.

Goro membersihkan TPA Regional itu, bagian dari persiapan Payakumbuh dan Bukittinggi menghadapi penilaian tahap pertama (P1) Adipura 2017. Daerah yang ingin merebut Adipura tahun depan, harus lolos P1 yang penilaiannya akan berlangsung Selasa dan Rabu (15-16/11). Bagi Payakumbuh, merupakan Adipura ke-10, jika prestasi dimaksud kembali diukir pada 2017 nanti. Sedangkan, bagi Bukittingi, merupakan Adipura ke-2, pasca era reformasi ini.

“Kami ingin mempertahankan Adipura tahun depan,” sebut Kepala LH Bukittinggi Mardison.

Selain goro di TPA Regional, Walikota Priadi Syukur, juga meninjau kebersihan Pasar Ibuah dan RSUD Adnaan WD, yang merupakan di antara titik pantau tim penilai Adipura. Sementara itu, pimpinan SKPD bersama pimpinan unit kerja lainnya, di jajaran pemko, juga turun ke kecamatan, kelurahan, sekolah dan objek wisata, memonitor titik pantau Adipura lainnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*