Besok, Pebalap TdS Etape IV Akan Taklukkan Kelok 44

Agam, PADANGTODAY.com – Ikon Wisata kebanggan Kabupaten Agam yakni Kelok 44 yang berada di Kecamatan Tanjung Raya dan Matur, akan menjadi track terberat pada etape IV Tour de Singkarak (TdS) 2014 dengan memulai start di Bukittinggi dan finish di kawasan lawang park Kabupaten Agam, Selasa (10/6) besok.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Agam, Junaidi mengatakan, pada Etape IV peserta akan menguras tenaga untuk menaklukkan kelok 44 yang dikelilingi dengan hamparan pemandangan danau manijau.

“Kelok 44 merupakan daerah perbukitan berada di di atas Danau Maninjau menjadi icon wisata dan juga menjadi tantangan bagi pembalap pada ivent Tour de Singkarak (TdS) 2014,” ujar Junaidi.

Pada etape IV ini terdapat dua tanjakan terberat yaitu Kelok 22 dan Kelok 44 yang berada di di Kabupaten Agam. Kelok 22 dan 44 merupakan tanjakan yang mengharuskan peserta mempunyai tenaga extra, dengan panjang 9,1 km dan ketinggian antara 400-1.050 diatas permukaan laut.

Selain itu, untuk memeriahkan TdS 2014, Kelok 44 dihiasi dengan umbul-umbul dan setiap kelok ada taman bunga, sehingga akan terlihat indah dan asri karena keunikan jalan yang melintasi lereng gunung serta pemandangan Danau Maninjau. Peserta bakal mencapai finish di Lawang Adventure Park sekitar pukul 13.00 WIB, dan bakal dijamu dengan acara penyambutan, atraksi anak nagari, kuliner dan pemberian hadiah kepada pembalap TdS juga bakal dilakukan peresmian objek wisata Ambun Tanai oleh Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas