BI Minta Pemerintah Mempercepat Naikkan Harga BBM

BANK INDONESIAJakarta, PADANGTODAY.com – Bank Indonesia meminta pemerintah untuk mempercepat dapat menaikkan harga BBM subsidi. Pengurangan subsidi harus dilakukan karena kalau tidak akan membebani. “Kita mau terjadinya inflasi itu sekarang atau kita mau terjadi inflasinya tahun depan. Keputusan naikkan lebih awal itu akan lebih baik.”

Advertisements

Bank Indonesia (BI) mendukung rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Dengan mengurangi subsidi BBM, berpotensi untuk mengurangi utang pemerintah.

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara mengatakan jika subsidi tidak dikurangi maka defisit APBN akan membengkak. Sebab, defisit APBN didanai dari pinjaman. “Kalau tidak naikkan BBM, subsidi akan makin membengkak, defisit APBN itu didanai dari pinjaman. Tidak bisa dari Bank Indonesia, kalau penerimaan lebih kecil dari pengeluarannya bagaimana caranya,” ujarnya di Kantor GP Ansor, Jakarta, Jumat (19/8).

Dia menegaskan dengan berkurangnya subsidi BBM maka impor BBM pun akan berkurang. Saat ini anggaran subsidi BBM telah mencapai Rp 443 triliun. Sebab itu, jika tidak diimbangi dengan penerimaan maka negara akan semakin banyak mengambil pinjaman.

“Kalau tidak suka pemerintah berhutang maka kurangi lah subsidi, dengan subsidi berkurang maka impor BBM akan berkurang tapi jangan lupa ditambah juga dengan diversifikasi energi,” ungkapnya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*