Biaya Logistik di Indonesia Saat Ini Tercatat Masih Sangat Tinggi

Presiden RI "Jokowi"

Presiden RI “Jokowi”

PADANGTODAY.COM – Biaya logistik di Indonesia saat ini tercatat masih sangat tinggi. Maka dari itu, pemerintahan Jokowi-JK bakal membuat tol laut guna menekan mahalnya biaya logistik.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan biaya logistik Indonesia masih sangat tinggi apabila dibandingkan Malaysia dan Singapura. Rini menegaskan hingga 2019, pemerintah membutuhkan dana Rp 109 triliun untuk mengurangi biaya logistik tersebut.

“Dari 2014 sampai 2019 setidaknya kita butuh Rp 109 triliun untuk bangun konektivitas itu,” ujar Rini dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (6/4).

Rini bakal meminta empat BUMN pelabuhan bersinergi untuk membuat konektivitas menyeluruh dari Barat hingga ke Timur Indonesia. Empat BUMN tersebut ialah PT Pelabuhan Indonesia I-IV (Persero).

Langkah tersebut, kata dia, dapat menekan biaya logistik yang mencapai 24 persen dari total Produk Domestik Bruto senilai Rp 1.820 triliun. “Negara ASEAN seperti Malaysia dan Thailand hanya 15 persen, Singapura 9 persen,” kata dia.

Dengan investasi tersebut, Rini berharap harga barang yang diperjualbelikan di Timur Indonesia menjadi murah dan mendapatkan pasokan produk dengan lancar. “Ini bisa membuat harga barang di Indonesia Timur lebih murah,” pungkas dia.

(bim/uil)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*