Biaya Transportasi Indonesia Tiga Kali Lipat Lebih Mahal Dari Singapura dan Malaysia

ilustrasi.

ilustrasi.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui biaya transportasi Indonesia masih tiga kali lipat lebih mahal dibandingkan di Singapura dan Malaysia.

“Biaya transportasi kita tiga kali lipat dari Singapura dan Malaysia,” kata Presiden Jokowi saat “groundbreaking” jalan tol Bakauheni-Terbangi di Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Kamis (30/4/2015), seperti dikutip Antara.

Oleh karena itu, ia menekankan segera dirampungkannya jalur-jalur transportasi strategis, termasuk jalan tol Trans Sumatera.

Menurut dia, jika seluruh Sumatera telah tersambung jalur transportasi memadai, maka biaya logistik barang dan penumpang akan lebih efisien dan murah.

“Kalau sudah selesai jalan tolnya, Lampung-Palembang bisa ditempuh dalam waktu hanya 3 jam dari sebelumnya 8 jam,” ucapnya.

Dampak selanjutnya, harga-harga barang dan jasa akan lebih murah dan terjangkau bagi masyarakat.

Namun, ia menegaskan, proyek transportasi bukanlah proyek jangka pendek yang bisa selesai dalam waktu cepat. Proyek ini jangka panjang yang harus terus dilakukan.

“Transportasi lebih cepat, biaya lebih murah. Tapi tidak dalam jangka pendek,” tuturnya.

Untuk jalur tol Trans Sumatera, Presiden juga berharap pembangunan jalur kereta api bisa dilaksanakan secara berbarengan supaya bisa rampung bersamaan.

(antara/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*