Bidang Pariwisata Berperan di Lomba KAN Berprestasi, Nirdawati dan Staf Harapkan KAN Koto Nan Ampek Juara

Lomba KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar di Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh.

Lomba KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar di Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Salut buat kerja tim Bidang Pariwisata Dinas Parpora Kota Payakumbuh. Bidang Pariwisata sukses menggelar penyambutan dan menghelat kegiatan Lomba KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar di Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh, Rabu (25/5/2016) lalu.

Kepala Bidang Pariwisata Nirdawati dengan bersemangat menyebut, Jumat (27/5/2016) bahwa optimisme muncul usai penilaian yang dilakukan oleh tim penilai Lomba KAN Terbaik Tingkat Provinsi Sumbar di Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh yang dipimpin Buya H Mas’oed Abidin. Nirdawati dan para staf mengaku kerja dan anggaran yang dikeluarkan untuk kegiatan sebanding dengan sukses kegiatan.

“Berikut juga partisipasi warga dan para tokoh masyarakat sangat kami sanjung. Semoga, kegiatan ini menjadi tolok ukur kemenangan KAN Koto Nan Ampek di tahun 2016 ini,” ujar Nirdawati, perempuan yang juga aktif di bidang seni budaya Kota Payakumbuh ini.

Sepanjang keikutsertaan Kota Payakumbuh dalam Lomba KAN Berprestasi Tingkat Sumatera Barat, sejak 2012,  KAN Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, KAN Koto nan Gadang, Payakumbuh Utara, KAN Aur Kuniang dan KAN Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, sudah mengukir prestasi di tingkat provinsi. Tahun 2015, KAN Limbukan yang keluar sebagai juara di provinsi Sumatera Barat.

Tahun ini, giliran KAN Koto nan Ampek, Kecamatan Payakumbuh Barat  yang menjadi wakil Kota Payakumbuh dalam lomba itu. Tim penilai provinsi sebanyak 3 orang  dipimpin Buya H Mas’oed Abidin berkunjung ke Payakumbuh, melakukan penilaian terhadap kinerja ketua dan pengurus KAN Koto nan Ampek, Kamis (26/5). Tim penilai berasal dari unsur LKAAM, Bundo Kanduang dan Setdaprov Sumbar.

“Tak banyak perkataan bagi Kota Payakumbuh, yang sejak lama selalu menjaga tradisi adat-istiadat dan agamanya,” ujar Buya H Mas’oed Abidin dalam sambutannya.

Kunjungan tim pernilai KAN Berprestasi yang difasilitasi Disparpora Payakumbuh, di bawah komando Syahnadel Khairi itu, mendapat dukungan dari anak nagari Koto nan Ampek. Ratusan warga datang memenuhi kantor balai adat yang berada di Kelurahan Padangtangah Balai nan Duo.

Puluhan jamba dibawa Bundo Kanduang dan Puti Bungsi

Puluhan jamba dibawa Bundo Kanduang dan Puti Bungsi

Puluhan jamba dibawa Bundo Kanduang dan Puti Bungsi ke atas balai, guna jamuan makan tim penilai serta tamu yang datang. Dari jajaran Pemko yang datang menghadiri penilaian, Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II Setdako H Amriul Dt. Karayiang, Ketua DPRD YB Dt Parmato Alam, Wakil Ketua DPRD H Suparman, Kadisparpora Syahnadel Khairi serta Ketua LKAAM W Dt Paduko Bosa Marajo dan Ketua Bundo Kanduang H Misnah BA.

Ketua KAN Koto nan Ampek, AK Dt Asa Dirajo yang baru sebulan dilantik sebagai ketua KAN, diberi kesempatan untuk mengekspose kegiatan KAN. Pensiunan anggota Polri itu, dengan lantang dan sistematis menyampaikan kinerja pengurus KAN dalam penilaian itu. Lepas itu, tim melakukan verifikasi kepada tokoh masyarakat setempat, apakah keberadaan KAN di Nagari Koto nan Amek, sudah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Seluruh ekspose ketua KAN, akan kita verifikasi kepada sejumlah tokoh masyarakat setempat. Mulai dari pemuda, bundo kanduang serta ninik mamak pemangku adat yang berada di Koto nan Ampek,” kata H Mas’oed Abidin.

Amriul Dt Karayiang, mengatakan, lewat lomba KAN Berprestasi, kian meningkatkan gairah seluruh pengurus KAN untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya di Nagari Koto nan Ampek. KAN diminta, untuk ikut terlibat dalam menyukseskan program pemerintah, di antaranya membina dan memperhatikan anak kemenakan, agar tak terlebit dengan penyalahgunaan narkoba.

Satu pantun berkesan sumringah di anak nagari Koto Nan Ampek, disampaikan Ketua LKAAM Kota Payakumbuh W Dt Paduko Bosa Marajo. “”Nak urang Balai Nan Duo, baminantu ka Payolansek, Kamanakan dek Datuak Ratiah, usahlah jadi nomor duo, nomor satu kok lai dapek, nak jadi paubek latiah.” Pantun bermakna jelang Pilkada Kota Payakumbuh itu menambah hangat suasana lomba, banyak tokoh yang digadang hendak maju di pencalonan hadir di sana.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*