BIM Bakal Kembangkan Konsep Aerocity

 

Padang-today.com – Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping Kabupaten Padangpariaman bakal melakukan pengembangan konsep kawasan perkotaan (aerocity) guna meningkatkan roda perekonomian.

“Konsep aerocity dinilai akan menjadi magnet perekonomian Provinsi Sumbar,”kata General Manajer AP II Bandara Internasional Minangkabau Yos Suwagiyono

Menurut dia, konsep aerocity ini telah dikembangkan Bandara Kertajati dan Bandara Kualanamu.

“Konsep ini bandara menjadi pusat kegiatan,”ucap dia.

Aerocity merupakan konsep yang dikembangkan dalam bandara modern yang dapat menunjang sektor pariwisata di Sumbar. Bila diterapkannya konsep aerocity, lanjut dia maka aktivitas di bandara akan menjadi lebih hidup dan berdampak pada perekonomian mulai dari lapangan kerja hingga peredaran uang.

“Untuk itu perlu keterlibatan semua pihak dalam pengembangan konsep aerocity di BIM”pungkas Yos.

Dia menyatakan, dalam konsep aerocity, bandara dirancang menjadi sebuah kota yang di dalamnya terdapat sejumlah kegiatan bisnis.

“Aerocity atau aerotropolis berprinsip pengembangan kawasan metropolitan yang berlokasi dan memanfaatkan keekonomian dari bandara sebagai pusatnya,”kata dia.

Yos menyebutkan fungsi aerocity sebagai penunjang bandar udara secara umum adalah penyediaan hunian, hotel, convention, ritel, pergudangan karena adanya pergerakan logistik.

“Aerocity ini selain berkonsep residential komersial, bisa juga untuk industri dan pergudangan,”ujar dia.

Sementara itu Novrial Kepala Dinas Pariwisata Sumbar sangat mendukung BIM melakukan pengembangan konsep aerocity.

“Konsep aerocity cukup dapat menunjang promosi pariwisata di Sumbar,”kata dia.

Bandara pintu masuk promosi pariwisata di Sumbar. Bandara merupakan tempat yang tepat untuk melakukan promosi pariwisata memanfaatkan momen penumpang menunggu keberangkatan.

“Diharapkan kabupaten/kota di Sumbar lebih giat lagi promosi pariwisata,”imbuh Novrial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas