BIM PREDIKSI LONJAKAN PENUMPAN MENINGKAT 4 PERSEN

Arus Mudik. Salah seorang penumpang baru tiba dari Padang langsung menghubungi saudaranya untuk penjemputan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM),Ketaping,Padangpariaman,Sumbar(*Derizon Yazid)

 

Padang-today.com – Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping, Kabupaten Padangpariaman memprediksi mengalami kenaikan lonjakan penumpang sekitar 4 persen hingga 5 persen.

“Diperkirakan lonjakan penumpang sekitar 4 hingga 5 persen di BIM dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu.,”kata Kepala Angkasa Pura II, BIM Ketaping Padangpariaman, Suparlan di Padangpariaman.

Ia menjelaskan,lonjakan penumpang ini disebabkan liburan idul fitri dan liburan panjang bagi siswa, pihaknya melakukan antisipasi serta koordinasi yang lebih baik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sekarang ini BIM telah menyediakan posko mudi lebaran, guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan,”ungkapnya.

Saat ini sudah ada usulan penambahan penerbangan dari maskapai. Usulan penambahan penerbangan dari maskapai cukup banyak. “Satu hari tambahan diajukan ke pihak bandara sebanyak 17 kali penerbangan dilakukan oleh maskapai penerbangan,”jelas Suparlan.

Ia menyatakan, jika 17 kali penerbangan dilakukan maskapai jika dikalikan dua dengan kata lain seat (tempat duduk,red) yang tersedia mulai H- dan H+ dengan kapasitas tersedia ada sekitar 373 penerbangan dari lima maskapai dengan empat tujuan daerah.

“Jadi ada penambahan sekitar 373 penerbangan oleh lima maskapai dengan empat tujuan daerah,”katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data bandara, rata-rata perhari penambahan penerbangan sebanyak 2.844 seat tersedia.

“Seat 2.844 tersedia tersebut oleh maskapai penerbangan hanya tujuan Padang saja,”ungkapnya.

Sementara reguler saja dari 9 operator, 10 asal bandara ada 43 kali penerbangan, sehingga 43 kali penerbangan di tambah 17 penerbangan dikalikan dua ada sekitar 60 kemudian dikalikan dua sehingga menjadi 120

Sedangkan untuk reguler ada 6.606 seat tiap hari jadi kalau ditambahkan seat tersedia ke Padang ada 2844 maka ada puluhan ribu orang yang datang ke Padang. “Jadi total orang yang datang ke Padang ada sekitar puluhan ribu orang,”jelas Suparlan.

Ia menambahkan, bandara yang mengajukan ektara flight yang tujuan Padang menambahkan yakni Halim Perdana Kusuma, Soeta, serta Kuala Namu International, Medan, serta Hang Nadim, Batam (BTH).

Sedangkan maskapai melakukan penambahan penerbangan yakni Garuda, Cityline,Lion, Sriwijaya,Batik Air,”ungkapnya.

Sementara itu GM Garuda Indonesia Cabang Padang, Sony Syhalan menyatakan, Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyediakan tambahan 17.784 kursi (seat) untuk rute Jakarta-Padang dalam memberi pelayanan kepada warga masyarakat saat Lebaran tahun 2017.

“Kami akan memberikan pelayanan untuk tambahan kursi kepada warga masyarakat atau konsumen yang akan bepergian menjelang Lebaran, maupun setelah perayaan Idul Fitri,”katanya.

Ia menjelaskan, dalam mengantisipasi tingginya permintaan tiket untuk penerbangan periode peak Season Lebaran / Idul Fitri 2017 untuk Rute Jakarta Padang dan sebaliknya, PT Garuda Indonesia ( Persero ) Tbk Kantor Cabang Padang mendatangkan Pesawat Airbus 330 dan Bigger Aircraft.

“Airbus 330 kapasitas penumpang 360 seat (kursi) untuk rute (tujua) Jakarta – Padang – Jakarta yang diterbangkan pada Extra Flight beroperasi mulai 19 Juni 2017 hingga 8 Juli 2017. Sedangkan Bigger Aircraft beroperasi pada 10 Jul hingga 23 Jul 2017,”ujarnya.

Untuk penerbangan Extra Flight oleh maskapai Garuda rute Jakarta Padang sebanyak 17 kali penerbangan mulai 19 Juni 2019 hingga 8 Juli 2017 dengan nomor penerbangan GA 1482 / GA 1483 Lnajutnya sedangkan Untuk Rute Padang Jakarta adanya penambahan sebanyak 17 x dengan No Penerbangan GA 1492 / GA 1493.

“Total Kapasitas tempat duduk yang disediakan pada penerbangan Extra Flight ( 34 kali Penerbangan) untuk Rute Jakarta Padang / PP adalah 12.240 kursi, penambahan untuk Bigger Aircraft mulai 10 Jul hingga 23 Jul 2017 adalah 5,544 kursi,”jelas Sony Syhalan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*