Bimbingan Teknis Sekolah Adiwiyata 2015 Digelar

Sekda Limapuluh Kota Yendri Thomas SE MM di Bimtek  Adiwiyata di Kantor Bupati Sarilamak

Sekda Limapuluh Kota Yendri Thomas SE MM di Bimtek Adiwiyata di Kantor Bupati Sarilamak

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-”Adiwiyata mengajarkan perubahan karakter dan perilaku dalam menyiapkan dan mewujudkan generasi penerus (sekolah) yang bertanggung jawab, peduli dan berbudaya lingkungan,” kata Bupati Limapuluh Kota diwakili oleh Sekda Limapuluh Kota H Yendri Tomas SE MM membuka Bimbingan Teknis Sekolah Adiwiyata 2015, Senin (30/3) di Aula Kantor Bupati di Sarilamak.

Tugas penting, mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Kepala Badan Lingkungan Hidup Ambardi SE MM mengatakan, keuntungan mengikuti Adiwiyata adalah meningkatkan efisiensi, penghematan sumber dana serta meningkatkan kondisi belajar yang nyaman dan menciptakan kondisi kebersamaan.

Lewat Adiwiyata, akan tertingkatkan upaya menghindari risiko dampak lingkungan. Sekolah menjadi tempat pembelajaran bagi generasi penerus tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan. Pembinaan Adiwiyata mulai Tim Nasional, Tim Provinsi, Tim Kabupaten dan Kota serta sekolah begitu juga sebaliknya.

Isu lokal mencakup isu lingkungan hidup diwilayah sekitar sekolah dampat antara lain banjir, lonsor, kekeringan, pencemaran sampah, air, udara, tanah, pengundulan hutan, kabut asap dan kebakaran hutan.

Ketua panitia, Bimtek Adiwiyata, Kabid BLH Ir M Fachrizal melaporkan peserta berjumlah 60 orang berasal dari Sekolah Adiwiyata Kabupaten Limapuluh Kota, SKPD terkait, tokoh adat, aparatur kecamatan dan Dinas Pendidikan.

Dikatakan Fachrizal, sasaran sekolah binaan Adiwiyata adalah menjadi Pemerhati Pendidikan dan Lingkungan. Narasumber Tim Pembina Sekolah Adiwiyata Kabupaten Limapuluh Kota dan Badan Lingkungan Hidup.

Materi Bimtek, terdiri dari latar belakang Adiwiyata, langkah kerja Tim Adiwiyata, Penilaian Sekolah Adiwiyata dan Aplikasi Penilaian Sekolah Adiwiyata. Sekolah Adiwiyata Kabupaten Limapuluh Kota mencakup SMAN 1 Kecamatan Suliki, SMAN 1 Kecamatan Harau merupakan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumbar. Sementara, SMP N 3 Kecamatan Payakumbuh, SD N 1 Sarilamak, SMA N1 Harau, masih dalam usulan sebagai Adiwiyata Nasional tahun ini.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*