BKD Padang Pariaman Manfaatkan Teknologi Informasi Dengan Sistem Absensi Sidik Jari

foto-bupati-saat-turun-ke-lapangan-menemukan-para------guru-guru-se-padangpariaman
PADANGPARIAMAN, PADANGTODAY.com-Kepala BKD Padangpariaman Indarusalaam menyatakan, menindaklanjuti amanat UU nomor 5 tahun 2015 tersebut, saat ini, BKD memanfaatkan teknologi informasi melalui sistem absensi komputerisasi dengan sidik jari.

Advertisements

“Kita menerapkanya untuk mewujudkan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman,” katanya kepada Padangtoday.com, kemarin.

Katanya, indikator keberhasilan reformasi birokrasi ada dua. Yaitu, meningkatnya pelayanan publik dan menurunnya praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN). Walaupun revisi SOTK sudah dirancang dengan pola hemat struktur dan kaya fungsi, tetapi takkan mungkin berjalan dengan baik, tanpa tegaknya disiplin pegawai di jajarannya.

Dikatakan, teknologi informasi dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan. Jika teknologi ini diterapkan dengan baik, insyaAllah, semua akan dimudahkan dalam berbagai hal. Terutama dalam hal penyimpanan dan akses data.

“Saya berharap, dengan teknologi informasi, database pegawai Padangpariaman sudah terdata dengan baik. Jangan ada lagi pendataan yang berulang-ulang setiap saat,” ujarnya.

Tentang katanya, penggunaan teknologi informasi, BKN akan melakukan pembaruan pendataan database pegawai pemerintah. BKN meminta untuk melakukan pendataan ulang PNS melalui sistim informasi e-PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik).

“Pendataan ulang tersebut dilakukan sendiri oleh masing-masing PNS dengan meminta login ke BKD. E-PUPNS akan menjadi pusat data pegawai seluruh Indonesia. Apabila data tersebut tidak diinput oleh masing-masing PNS maka datanya tidak akan masuk dalam database ASN dan diangap telah berhenti atau pensiun,” tandasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*