BNI Gerakan Ekonomi Rakyat Melalui Bumnag

Padang-today.com – Febby dt Bangso Tenaga Ahli Utlama  kebijakan strategis Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI,  bersama Wakil Pimpinan Kantor Wilayah BNI Padang, Iwan Affandi bersama staf duduk bersama membicarakan kerjasama BNI dalam mempercepat pertumbuhan Badan Usaha Nagari (Bumnag) di Sumbar.

Pertemuan yang berjalan santai itu dihadiri juga beberapa orang Tenaga ahli (TA) Bumdes/Bumnag Sumbar seperti Khairul Anwar, Firdaus, Ferry Irawan

“Kita berharap buka ruang untuk jadi perpanjang tangan produk-produk BNI sehingga itu menari income baru bagi Bumnag,” kata Febby.

Menurutnya sebenarnya cukup banyak investasi yang bisa didapat BNI dalam mendorong pertumbuhan Bumnag tersebut.

“Sebagaimana diketahui, saat ini ada sekitar 885 Bumnag yang ada di Sumbar. Keberadaan Bumnag itu diharapkan jadi harapan baru bagi masyarakat Nagari untuk bisa meningkatkan ekonomi,”ungkapnya.

Sementara itu Tenaga ahli (TA) Bumdes/Bumnag Sumbar seperti Khairul Anwar membenarkan sekarang ini sudah 800 BUMNag di Sumbar.

“Dari yang ada tersebut sudah ada dikelompokan bumnag di Sumbar tersebut,”katanya.

Rencana akan ada pelatihan usaha bagi BUMNag di Sumbar,tambah Khairul Anwar pelatihan ini di ajak BNI sebagai narasumber bagaimana BUMnag bisa buka usaha sehingga tumbuh kembang pesat.

“BNI sebagai salah satu BUMN juga bertanggung jawab dalam melakukan pendampingan bagi Bumnag karena merupakan perusahaan yang sudah lebih dulu melakukan kegiatan usaha yang didasarkan untuk kemakmuran masyarakat,”imbuhnya.

Sementara itu Wakil Pimpinan Kantor Wilayah BNI Padang, Iwan Affandi menilai sinerji pihak BNI dengan Bumnag di Sumbar jelas menjadi hal positif. “Sebab selain menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui Bumnag, kami juga menggalakkan program pemerintah saat ini di bidang peningkatan ekonomi rakyat,”katanya.

Ia menjelaskan,adanya sinerjisitas dengan Bumnag tersebut, tidak hanya sebagai nara sumber dalam setiap pelatihan bagi pengurus Bumnag tentang bagaimana pengelolaan Bumnag baik disisi tata kelola keuangan maupun administrasi.

“Kami juga melihat ada peluang untuk memperkenalkan berbagai produknya, bahkan pengurus Bumdes/Bumnag juga bisa dijadikan sebagai debitur KUR BNI,”ungkapnya.(*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*