Bonus Porprov Atlet Padang Dibagikan

IMG_20151008_172211Padanng,Padangtoday.com-Setelah menunggu lama, akhirnya para atlet Kota Padang bisa menerima hasil keringat mereka di Porprov 2014 lalu berupa bonus.

Kamis (8/10) Pemko Padang di Pelanta Walikota para duta olahraga Kota Padang ini telah menerima bonus yang telah dijanjikan sebelum pelaksanaan Porprov Sumbar yang ditabuh di Kabupaten Dharmarasaya.

Bonus senilai Rp4,7 diserahkan secara simbolis oleh Walikota Mahyeldi Ansharullah kepada atlet Padang yang sukses meraih emas,perak dan perunggu di Porprov.

Pada Porprov Sumbar XIII, Kota Padang menyabet  77 keping  emas, 69 perak dan 69 medali perunggu. Sementara untuk ganda berpasangan 8 medali emas, 4 perak dan  7 perunggu. Sedangkan untuk tim berjumlah 22 medali emas, 14 perak 9 perunggu  dengan total keseluruhan 107 medali emas, 87 perak serta 85 perunggu.

Seperti diketahui untuk atlet individual yang meraih medali emas diganjar bonus Rp20 juta perak Rp10 juta dan perunggu Rp5 juta. Kategori ganda, emas dihargai Rp22 juta, perak Rp11 juta dan perunggu Rp5,5 juta.

“Kepada atlet peraih medali, selain mendapatkan bonus berupa uang pembinaan juga diberikan piagam. Kita juga memberikan bonus kepada pelatih yang menangani atlet perorangan, beregu atau tim dengan  jumlah disesuaikan,” terangnya.

Sekda menambahkan pada tahun 2016 Kota Padang bertindak sebagi tuan rumah Porprov XIV. Dengan sisa  waktu  kurang lebih 1 tahun, Padang menurutnya akan semakin mematangkan persiapan.

“Harapan kita sebagai tuan rumah tentu harus sukses sebagai penyelenggara dan juara umum. Untuk itu sebelum Porprov, KONI menggelar babak kualifikasi dengan tajuk Porkota pada bulan November-Desember mendatang,” tambahnya.

Ketua umum KONI Padang, Agus Surdi menyebut untuk prestasi yang besar membutuhkan biaya yang besar. Selain sokongan APBD peran BUMN dan BUMND sangat berperan.

“KONI Padang sangat respek dengan pembinaan dan prestasi atlet. Beberapa waktu lalu, kami memberikan dukungan langsung kepada atlet asal Padang yang memperkuat Sumbar di Kejurnas Pra PON Kempo. Support yang sama juga berlaku bagi cabor lain dimana atlet kita juga diperkuat Sumatra Barat,” sebut Abin, sapaan Agus Suardi.

Ia mengapresiasi Pemko dan  DPRD Padang selama ini memberikan perhatian serta dukungan baik moril maupun materil. Hadirnya  orang-orang besar dalam organisasi dan pengurus cabor  bisa memicu prestasi Padang bukan hanya ditingkat Sumatra Barat namun juga nasional.

“Jika kerjasama selalu dilakukan, saya rasa  prestasi hanya menunggu waktu,” tambah Abin.

Sementara itu Kadispora Padang Suardi menambahkan, untuk menghadapi Porprov 2016 di Padang pihaknya menganggarkan bonus atlet sebesar Rp6 miliar di APBD 2016. Sementara penambahan bonus secara individu, beregu dan tim akan dihitung sesuai kebutuhan dan ketersedian anggaran.

“Untuk menambah nominal bonus, kita akan menjalin kerjasama dan berharap dukungan dari pihak ketiga seperti BUMN dan BUMD,” terang mantan Kabag Humas Pemko Padang itu.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah usai menyerahkan bonus memaparkan, reward yang diserahkan merupakan hak atlet yang dainggarkan oleh pemerintah daerah.

Awalnya nilai medali emas Rp10 juta namun dianikan 100 persen menjai Rp20 juta. Masalah keterlambatan sebut Mahyeldi karena masalah penganggaran saja karena nilai bonus bertambah.

“Keterlambatan karena kekurangan anggaran pada APBD 2015 yang hanya dianggarkan Rp3 miliar lebih. Sisanya ditambah malalui APBDP 2015,” jelas Wako.

Dibagian lain, Mahyeldi menantang kesiapan KONI Sumbar dalam menciptakan atlet berbakat, bukan saja dikancah Sumatra Barat namun juga berprestasi atas nama Sumatra Barat ditingkat nasional seperti PON 2016 di Jawa Barat.

“Tugas KONI Padang tidak lagi menjadikan Padang  juara di di Sumatra Barat, melainkan juara ditingkat nasional dengan menjadi tulangpunggung dan peraih medali terbanyak untuk Ranah Minang di PON 2016,” tantang Wako.

Pada penyerahan bonus kemarin juga dilakukan pembacaan Ikrar pelatih dan atlet untuk membela Kota Padang pada multi iven provinsi di Padang tahun depan. Selain itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada BUMN, BUMD yang selama ini memberikan perhatian dalam pembinaan olahraga di Kota Padang. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*