BPBD Agam Catat Kerugian Akibat Angin Badai Capai Rp 2 Milyar

Agam, PADANGTODAY.com – Bencana angin badai atau angin puting beliung yang melanda beberapa Kecamatan di Kabupaten Agam pada Sabtu (14/6) kemarin pukul 16:25 WIB, mengakibatkan beberapa kerusakan pada rumah warga, selain itu, badai tersebut juga merubuhkan 2 tower milik instansi di Pemkab Agam.

Badan penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Agam, telah melansir data kerusakan yang ditimbulkan oleh angin badai/ puting beliung kemarin, diantaranya adalah, robohnya 1 unit tower Pusdalops BPBD Agam, kemudian 1 unit tower SIAK milik Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Agam.

Tumbangnya pohon yang mengakibatkan 10 unit rumah warga rusak sedang dan ringan tertimpa pohon, diantaranya 2 unit rumah dui jorong Geragahan Lubukbasung, 1 unit rumah di kecamatan Tanjungraya, 1 unit rumah di perumnas Talago Lubukbasung, 1 unit rumah di depan SMKN 1 Tanjungraya, kemudian pohon juga menimpa dan merusak fasilitas umum seperti 1 unit Puskesmas di Pakankamih Kecamatan Tilatangkamang, SD cacawan Kecamatan Tanjungraya, Mesjid serta Polindes, serta atap gedung Pariwisata Agam terlepas.

Dari data kerusakan tersebut, BPBD Agam memperkirakan kerugian sebanyak Rp 2 Milyar lebih. selain kerugian materil, bencana angin badai tersebut juga mengakibatkan salah seorang pengendara sepeda motor yang bernama Ahad Rosyad (25) mengalami luka ringan akibat motor yang dikendarainya tersangkut kabel tower Pusdalop Agam yang roboh.

Sementara untuk upaya yang telah dilakukan sejak terjadinya angin badai kemarin sampai hari Minggu (15/6) , Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Agam bersama dinas PU Agam, Polres Agam, Satpol PP, Dinas Sosial, Dishub Agam kemudian PLN, telah mengambil tindakan pengamananm penanganan dan pembersihan lokasikejadian bencana, kemudian akses fasilitas umum yang terganggu telah berfungsi kembali. Serta melaukan evakuasi korban tertimpa tower ke RSUD Lubukbasung, dan melakukan penghitungan terhadap kerusakan dan kerugian yang diakaibatkan oleh bencana angin badai. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas