Buka Pemberdayaan Guru SD se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi Harapkan Guru SD Aktif Menulis

Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi membuka acara Pemberdayaan Guru SD se-Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Bidang Penelitian Pendidikan di Shago Bungsu 2 Lubuak Tingkok Kecamatan Harau, Selasa (21/6).

Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi membuka acara Pemberdayaan Guru SD se-Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Bidang Penelitian Pendidikan di Shago Bungsu 2 Lubuak Tingkok Kecamatan Harau, Selasa (21/6).

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi membuka acara Pemberdayaan Guru SD se-Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Bidang Penelitian Pendidikan di Shago Bungsu 2 Lubuak Tingkok Kecamatan Harau, Selasa (21/6).

Dalam penyampaiannya, Bupati Irfendi menyoal keahlian para guru dalam menulis karya ilmiah. Dijelaskan Bupati Irfendi, hal tersebut akan berpengaruh pada pangkat dari guru yang bersangkutan.

“Persoalan guru bisa menulis menjadi persoalan yang panjang, masalahnya apa ada niat atau kemauan, sekarang guru- guru yang pangkat IVa berjalan di tempat tidak, naik-naik pangkatnya ke IVb karena tidak bisa menulis karya ilmiah,” jelas Bupati Irfendi.

Dipesankan oleh Irfendi dalam kesempatan tersebut, guru-guru harus mulai menulis karya ilmiah. Pasalnya, hal tersebut sudah menjadi ketentuan perundang-undangan, di mana guru-guru yang ingin naik pangkat dari IVa ke IVb harus memenuhi kriteria tersebut.

“Banyak guru Limapuluh Kota yang bertahun- tahun bahkan puluhan tahun tidak naik pangkat atau golongan hanya karena tidak bisa menulis,” ucap Irfendi Arbi khawatir.

Ditambahkan oleh Bupati Limapuluh Kota tersebut, hal itu harus menjadi perhatian bagi guru-guru terutama guru SD mengikuti pelatihan atau lokakarya. Pada hari tersebut misalnya, terang Irfendi, ada  Tim Jaringan Penelitian (Jarlit) Kabupaten Limapuluh Kota bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan danKebudayaan (Puslitjakdikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai langkah awal bagi guru untuk dapat menulis karya ilmiah.

Diketahui Tim Jarlit LImapuluh Kota diketuai oleh Zulkifli S.Pd MM Dt Mangkuto Rajo.

Diakatakn oleh Zulkifli, Pelatihan Peningkatan Kopetensi Profesional dan karya Ilmiah Guru bagi 100 guru SD se- Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi sarana peningkatan keahlian menulis yang penting untuk diikuti.

“Memberikan Ilmu pengetahuan, motivasi bagi guru untuk dapat membuat karya Ilmiah dan menambah Kopetensi menjadi guru yang profesional”, ucap Zulkifli.

Dalam pelatihan tersebut, tercatat narasumber Dr Zulmardi M.Si dari Universitas Muhammadyah dan Dr Akmal SH M.Si dari UNP.(rel/Dodi Syah Putra)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*