Bulog Akan Jadikan Pasar Jati Pariaman Untuk Depo Stok Bahan Kebutuhan Pokok

Padang-today.com__Pemerintah secara terus menerus dan berkesinambungan dalam beberapa tahun terakhir ini, telah melakukan berbagai langkah kebijakan dan strategi dalam upaya menekan tingkat kena9ikan harga panagan di pasar.

Upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam pengendalian harga panagan kini telah menunjukan keberhasilan, seiring dengan menurunnya pengaruh komponen bahan panagan terhadap inflasi.

Berbagai regulasi ditetapkan untuk mrngatur dan menjaga stabilitas pasokan dan harga panagan. Hal ini sejalan dengan Undang-undang nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dimana Pemerintah Pusat dan Daerah betugas mengendalikan dan bertanggung jawab atas ketersedian bahan pangan pokok dan strategis di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kota Pariaman dalam agenda Minggu ini mengunjungi Badan Urusan Logistik (Bulog). Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahan pangan dan memjaga stablitas haraga bahan pokok. Kunjungan Walikota Pariaman itu diterima oleh Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri, Imam Subowo di Gedung Bulog Pusat, Jakarta, Kamis kemaren (29/8).

Walikota dalam laporannya bahwa kebutuhan Kota Pariaman untuk beras hampir mencapai pertahun 12.865,5 Ton, gula 5.927 ton pertahun serta untuk kebutuhan minyak goreng 1.094 kilo liter pertahun, sementara untuk produksi pertanian relatif mencukupi kebutuhan.

Sementara itu, menurut Imam Subowo menyampaikan bahwa Bulog akan menfasilitasi daerah untuk pemenuhan kebutuhan pangan, dengan kualitas yang baik.

Disamping itu, lanjutnya, Bulog juga akan berperan untuk mempromosikan produk daerah.

“Bulog juga akan berperan untuk memenuhi kebutuhan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bulog juga akan membina BUMDes yg ada di Desa Kota Pariaman “, ujarnya.

Kemudian yang menarik adalah Bulog juga akan menjadikan Pasar Terminal Jati, Kecamatan Pariaman Tengah sebagai gudang stok cadangan.(Herry Suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas