Bundo Kanduang Payakumbuh Eksplorasi Resep Makanan Tradisional

Payakumbuh, PADANGTODAY.COM -Keanekaragaman olahan makanan yang dimiliki Sumatera Barat, coba dieksplorasi oleh Bundo Kanduang dan GOW Payakumbuh. Kedua organisasi ini, dalam pertemuan bulanan Bundo Kanduang  di rumah dinas kediaman Wakil Walikota, mengangkat berbagai makanan tradisional Minang, Kamis (23/10).

Advertisements

“Sebenarnya resep ini merupakan resep yang telah umum di masyarakat Sumbar, namun kita kombinasikan dengan jenis bahan pangan lainnya. Kita akan mencoba mengembangkan rendang yang diolah dengan ikan air tawar seperti ikan mas atau ikan rayo. Untuk resep pendampingnya, kita membuat Samba Lado Jantung Pisang” kata Ny. Rasyidah yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Menurut Ny. Rasyidah, resep rendang ikan air tawar ini merupakan salah satu cara untuk memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, sesuai dengan program Pemko yang mengajak masyarakat untuk meragamkan jenis makanannya. Nilai gizi dalam daging ikan juga sangat tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh keluarga

Ketua Bundo Kanduang Kota Payakumbuh, Hj. Misnah, S.Sos bersama perwakilan dari 8 Nagari di Payakumbuh, sangat antusias mengikuti uji resep tradisional ini. Mereka pun juga tidak sungkan untuk berkumpul di dapur rumah dinas Wawako tersebut.
“Namanya ibu-ibu, kalau masalah masak memasak sangat bersemangat, apalagi langsung di terangkan langsung oleh istri Wawako Payakumbuh” ujar Misnah yang juga diamini oleh bundo kanduang lainnya.

Dihubungi di Payakumbuh, Minggu (26/10), Ketua GOW Rasyidah,  mengakui, rendang memang masakan yang telah umum.  Tapi, jika mampu dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti rendang ikan rayo ini, patut kita coba di rumah masing-masing. Selain rendangnya enak dan lezat, ikan juga memiliki nilai gizi yang cukup bagi seluruh keluarga” katanya. (malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*