Bupati Agam Budayakan Gotong Royong Massal Setiap Bulan Bersihkan Danau Maninjau

Bupati Agam Indra Catri turun kelokasi goro sekaligus tinjau jembatan Muko-muko.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Sejak dicanangkan kembali oleh Bupati Indra Catri, gotong-royong kini seakan membudaya di tengah masyarakat
Kabupaten Agam. Salah satunya dengan ditetapkan pelaksanaan goro massal setiap bulan secara bergiliran di nagari-nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya khususnya disepanjang kawasan Danau maninjau oleh Bupati Agam.

Seperti pada goro massal yang dilaksanakan Rabu (4/2) pagi di Jorong Muko-Muko ,Kenagarian Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya yang dipimpin langsung oleh Bupati Indra Catri dengan mengikut-sertakan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Camat, Kepala Bagian dan Kepala Bidang. Tujuan gotong-royong bersama masyarakat ini untuk menyelamatakan kawasan Danau Maninjau dan untuk mensinergikan distinasi kawasan wisata.

Dalam sambutannya, Bupati Agam Indra Catri mengatakan, pelaksanaan gotong royong di Agam sebenarnya tidak perlu lagi
dicanangkan karena kegiatan membangun nagari tersebut sudah menjadi budaya masyarakat. “Bahkan kita sudah memasang tekad tiada hari tanpa bergoro di Agam,” Ujar Bupati Agam, Indra Catri.

Bupati menambahkan, dengan bergoro, baik yang dilakukan oleh masyarakat maupun bersama aparatur pemerintah dapat
membuahkan hasil yang positif dan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat itu sendiri.

Salah seorang tokoh masyarakat yang juga Sekretariat Badan Pengelola Kelestarian Kawasan Danau Maninjau, Kasman mengungkapkan, goro yang diikuti ribuan masyarakat ini terlaksana berkat kegigihan bupati Agam, Indra Catri dalam melakukan pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat.

Tokoh masyarakat lainnya, Inyiak Danau mengatakan, pelaksanaan goro bersama tentu sangat penting untuk dilakukan, supaya lingkungan kita tetap terjaga dan terhindar dari hal-hal yang merusak lingkungan.

“Jika lingkungan bersih tentu masyrakat akan sehat, bahkan lingkunganpun akan terlihat rapi dan indah. Untuk kedepannya
kegiatan goro harus dilakukan secara intensif agar kebersihan dapat terjaga. Ujarnya

Sementara itu, salah seorang Guru SMAN Cendekia, mengatakan, kegiatan goro bersama ini bertujuan mendukung program pemerintah kabupaten Agam,” Agam Bersih.” Untuk menwujudkan Agam Besih tentu butuh dukungan dari segala pihak, baik dari sekolah, instansi pemerintahan serta masyarakat” katanya.

Hal tersebut apabila tanpa dukungan seluruh elemen masyarakat, Program Agam Bersih tidak akan terwujud. Untuk itu kita turun langsung melibatkan ratusan sisiwa SMAN Cendikia untuk melakukan bakti sosial bersama Bupati untuk membersihkan lingkungan. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*