Bupati Ajak Genarasi Muda Teladani Semangat Pemuda Pelopor

Bupati Ajak Genarasi Muda Teladani Semangat Pemuda Pelopor

Bupati Ajak Genarasi Muda Teladani Semangat Pemuda Pelopor

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Harfa Sakri, pendiri sanggar seni Ijuk Sapilin, warga Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh berhasil merebut juara 2 pada pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional, kategori Bidang Agama, Sosial, dan Budaya.

Deputi bidang pengembangan pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menilai  Harfa Sakri berhasil mewujudkan karya nyata dari sanggar seni yang dibangunnya, berupa pemusik, penari, perupa dan pemeranan dengan mengutamakan karakteristik dan kearifal lokal untuk memelihara kebhinekaan dan mengharumkan budaya bangsa.

Akibat sanggar seni yang dibangun itu, berpotensi terhadap daya tarik wisata di kabupatennya. Tidak hanya itu, sanggar seni Harfa Sakri juga berhasil memberikan dampak peningkatan perekonomian dan kesejahteraan terhadap masyarakat.

Pemberian penghargaan pemuda ini diberikan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga, Ihman Nahrawi pada peringatan sumpah pemuda berapa waktu lalu. “Kita ucapkan selamat kepada Harfa Sakri berhasil menjadi juara pada pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional,”ujar bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, ketika memberikan selamat, pada Peringatan hari Kesehatan Nasional, di Bukik Limau, Sarilamak, baru-baru ini.

Irfendi berharap, Harfa Sakri bersama sanggarnya terus berkarya dalam mensejahterakan masyarakat sekitar, dan mempertahan budaya-budaya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.”Jadikan penghargaan ini awal untuk terus mengembangkan potensi yang ada di dalam diri untuk terus berkarya, dalam memajukan nagari dan daerah,” tambah bupati.

Dirinya juga mengapresiasi, kreatifitas yang telah dikembangkan Harfa Sakri selama ini, termasuk dalam mengurangi angka pengangguran di kabupaten itu.

“Semangat seperti ini yang harus kita contoh, kepada anak-anak muda Limapuluh Kota jadikan ini suri tauladan,  motivasi bagi kita semua untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat ditengah-tengah masyarakat,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota, Hj Nengsih mengatakan, terpilihnya Harfa Sakri sebagai pemuda pelopor nasional, setelah sebelumnya berhasil menjadi pemuda pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, selama mendirikan sanggar seni yang diberi nama Ijuk Sapilin, Harfa Sakri berhasil mengurangi angka pengangguran di daerah ini, khususnya masyarakat di nagari Koto Tangah Simalanggang. Selain itu, berkat sanggarnya, mereka yang bergabung dengan Ijuak Sapilin sudah melalang buana menjadi pelatih dan tampil diberbagai ivent.”Sehingga menambah penghasilan tersendiri, bagi anggotanya.”ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap pemuda-pemuda yang ada di Limapuluh Kota. “Potensi pemuda sangatlah penting untuk terus dibina, kita tidak berhenti di sini, bakal hadir pelopor-pelopor baru di Limapuluh Kota,” pungkas Nengsih.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas