Bupati Ajak Masyarakat Untuk Cegah Kebakaran Di Pemukiman Serta Kebakaran Hutan

Bupati gam Indra Catri bersama Kepala BPBD Agam Bambang Warsito meniup kue ulang tahun pada perayaan HUT Damkar ke 69 di Kecamatan Tanjuang Mutiara.

Bupati gam Indra Catri bersama Kepala BPBD Agam Bambang Warsito meniup kue ulang tahun pada perayaan HUT Damkar ke 69 di Kecamatan Tanjuang Mutiara.

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran Kabupaten Agam yang ke 96, Selasa (17/3) digelar di halaman kantor Camat tanjungmutiara. Bupati Agam Indra Catri sebagai Inspektur upacara diikuti oleh sejumlah unsur Muspida, kepala SKPD serta Siswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas yanga da di Kecamatan Tanjungmutiara.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Bupati Agam Indra Catri, mengatakan pemadam kebakaran memiliki semboyan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya.

“Pemadam kebakaran dituntut untuk memenuhi waktu tanggap (respon time) 15 menit untuk wilayah pemukiman, 30 menit untuk wilayah lahan dan 60 menit untuk wilayah hutan, setelah menerima atau mengetahui informasi kebakaran” kata Bupati Agam Indra Catri.

Sementara itu, Bupati mengajak petugas pemadam kebakaran untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan guna meminimalisir jumlah korban jiwa dari musibah bencana alam ,salah satunya kebakaran. Serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah kebakaran di pemukiman, kebakaran hutan guna menjaga dan mendukung kualitas ekosistem lingkungan hidup.

Selain itu, pemerintah daerah juga memiliki kewajiban melakukan tidakan pelarangan pembakaran hutan dan lahan, operasional inspeksi pengawasan terhadap kewajiban perusahaan agar memiliki sarana dan prasarana pengendalian kebakaran. Serta melakukan tindakan hukum kepada perusahaan yang melakukan pelanggaran.

“Tugas dan fungsi serta beban kerja dan tanggung jawab pemadam kebakaran sangatlah patut kita hargai. Mereka bekerja setiap hari 24 jam siap siaga memadamkan kebakaran tanpa mengenal hari libur demi penyelamatan korban, tidak hanya korban kebakaran saja namun juga korban banjir, gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi maupun bencana lainnya. Untuk itu, pemerintah Kabupaten Agam mengucapkan selamat ulang tahun ke 96 Pemadam Kebakaran, semoga jajaran Pemadam kebakaran dalam hal ini BPBD Agam semakin solid dan profesional dalam mengemban tugasnya demi memberikan perlindungan kepada masyarakat” harap Bupati.

Setelah upacara, Indra Catri menyerahkan secara simbolis asuransi Jasaraharja Putra Kecelakaan Diri (JP Aspri) kepada anggota pemadam kebakaran atas nama Ramli. Lalu dilakukan pemotongan kue ulang tahun oleh Bupati Agam Indra Catri dan Kepala BPBD Agam Bambang Warsito didampingi unsur Muspida Plus. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*