Bupati Alis Marajo Terima Baznas Award, Memajukan Peran Zakat Dalam Pembangunan Daerah

Baznas Award diserahkan untuk Bupati Alis Marajo

Baznas Award diserahkan untuk Bupati Alis Marajo

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo mendapatkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) atas perhatian dan dukungannya selaku pejabat pemerintah dalam pengembangan Baznas di daerahnya. Baznas Award itu diserahkan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan diterima Wakil Bupati Asyirwan Yunus.

Penghargaan kategori pembina Baznas sangat baik tersebut diberikan saat pembukaan rapat kerja nasional (Rakornas) Baznas se Indonesia di Auditorium Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (19/5).

Dalam Rakernas bertema ”Memajukan Peran Zakat Dalam Pembangunan Daerah” tersebut, Menteri berharap melalui Rakernas setiap Baznas daerah semakin memperkuat tata kelola zakat nasional dan memaksimalkan manfaat zakat dalam dalam mengatasi kemiskinan di Tanah Air.

”Atas nama pemerintah, kita mengapresiasi kinerja Baznas yang semakin baik,” ujar Syaifuddin.

Ke depan, lanjut Syaifuddin, Baznas diharapkan makin meneguhkan komitmen untuk tatakelola zakat yang amanah, transparan dan akuntabel. Menteri juga mengapresiasi kinerja Baznas yang semakin membaik sembari mengingatkan lembaga ini dituntut bekerja secara profesional dan melayani umat dengan sepenuh hati.

Sementara itu, Wakil Bupati Asyirwan Yunus usai menerima penghargaan itu, senada mengatakan, prestasi tersebut diharapkan dapat lebih memotivasi Baznas untuk mengoptimalkan menghimpun dan mengelola zakat di Kabupaten Lima Puluh Kota. Bila tahun lalu baru terkumpul sekitar Rp1,8 milyar dari sekitar 25% PNS, maka ke depan hendaknya bisa menjangkau seluruh PNS di daerah ini.

“Kita berharap bisa mengoptimalisasi pengelolaan zakat tersebut dan bisa menghimpun zakat PNS yang mempunyai potensi sekira R8 milyar,” ujar Asyirwan.

Dikatakan, zakat yang dikumpulkan Baznas merupakan salahsatu solusi mengatasi masalah kemiskinan. Agar bisa terhimpun lebih besar lagi, Baznas sepertinya perlu pula meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar zakat.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas