Bupati Cup, SLTA se-Tanahdatar Perebutkan Piala Bupati

Batusangkar, TODAY—Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Parpora Abdul Hakim, membuka secara resmi Turnamen Sepak Bola Bupati Cup, Antara SLTA se Kabupaten Tanah Datar 2019, selasa (19/11).

Abdul Hakim mengungkapkan, turnamen sepak bola yang rutin dilaksanakan untuk mencari bibit handal dan potensial untuk persiapan menghadapi Porprov 2020 dan 2022. “Ajang ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjadi wadah menyaring bibit pesepakbola yang nantinya bisa sebagai duta daerah dalam iven yang lebih tinggi.

“Juara bukanlah patokan dan tujuan utama dalam pagelaran ini. Bupati Cup 2019 ini mengusung tema junjung tinggi sportivitas dan jaga silaturahmi antara sesama peserta. Ini tentunya kita dituntut untuk bermain secara sportif dan bersih. Begitu juga hendaknya para pengadil di lapangan, yakni wasit,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Ardelius menyampaikan, turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2019 akan berlangsung dari 19 November diakhiri 16 Desember 2019. “Pertandingan diikuti 29 SLTA se Tanah Datar dengan menggunakan sistem gugur yang dipusatkan di lapangan Gumarang ini,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya pertandingan pembuka Bupati Cup 2019 mempertemukan kesebelasan SMA Negeri 2 Batusangkar berhadapan SMA Muhammadiyah Batusangkar yang dimenangkan SMA Negeri 2 Batusangkar dengan skor 4-0 (3-0).

Pertandingan yang diwarnai hujan sebenarnya berjalan cukup berimbang, namun berkat gol pembuka yang terjadi menit 1 yang diciptakan pemain nomor 17 M. Raihan Zaky mampu memompa semangat SMA Negeri 2 Batusangkar untuk memenangi pertandingan.

Dua menit kemudian, tepatnya di menit ke 3 sebuah tendangan bebas dari jarak 15 meter setelah pemain nomor 12 Rahmad Dani dijatuhkan pemain lawan masih mampu ditepis oleh kiper SMA Muhammadiyah Hafiz Irfal Putra.

Pada menit 12, tendangan bebas yang dilakukan pemain nomor 5 Yusril tidak mampu dibendung kiper Hafiz Irfal Putra. Setelah tendangan keras Yusril merobek jala gawangnya sebelah kanannya, sehingga kedudukan berubah menjadi 2-0.

Delapan menit berselang, tepatnya di menit 20, Yusril kembali menorehkan namanya di papan skor, setelah tendangan pojok rekannya mampu dimanfaatkan dengan sundulan terarahnya yang tidak bisa di halau bek ataupun kiper SMA Muhammadiyah. Skor 3 – 0 menutup 35 menit babak pertama.

Selepas pluit babak kedua ditiup wasit Debi Zikri, pertandingan semakin di dominasi SMA N 2 Batusangkar. Berbagai peluang emas belum mampu merubah skor.

Namun 10 menit menjelang babak 2 pertandingan berakhir, tepatnya di menit 60, operan cantik pemain nomor 9 Ardy Yansah dari sayap kiri penyerangan, mampu dikonversikan menjadi sebuah gol berkelas oleh pemain nomor 17 M. Raihan Zaky. Tendangan datar yang tidak terlalu keras merobek gawang dan menjadi gol terakhir dilaga itu dengan kedudukan akhir 4-0, sehingga SMA N 2 Batusangkar berhak melaju ke babak berikutnya.

Sementara itu, pertandingan kedua hari itu mempertemukan SMA Negeri 1 Padang Ganting berhadapan MAS Batu Taba dengan skor akhir 2 – 0 (1-0) untuk SMA Negeri 1 Padang Ganting. Gol diciptakan Afandi Yandri pada menit 7 babak I dan Gion pada menit 68 di babak II.

Pertandingan 20 November mempertemukan SMA Negeri 3 Batusangkar berhadapan MAN 4 Batusangkar di laga pertama dan SMA Negeri 1 Pariangan berhadapan SMA Negeri 1 Salimpaung pada laga kedua. (dt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas