Bupati Irfendi Arbi Sampaikan Nota Keuangan APBDP 2016, PAD Limapuluh Kota Naik 1,53 Persen

Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi serahkan nota  keuangan APBD Perubahan 2016 kepada wakil ketua DPRD Deni Asra  didampingi Sastri Andiko Dt. Putiah.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi serahkan nota keuangan APBD Perubahan 2016 kepada wakil ketua DPRD Deni Asra didampingi Sastri Andiko Dt. Putiah.

Advertisements

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Rapat Paripurna DPRD Lima Puluh Kota dalam rangka penyampaian Nota Keuangan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2016, diselenggarakan pada Senin (17/10). Rapat Paripurna itu dipimpin Wakil Ketua Sastri Andiko Dt. Putiah dan Deni Asra, dihadiri Bupati Irfendi Arbi.

Bupati Irfendi Arbi dalam penyampaian Nota Keuangan RAPBD 2016 itu menyebutkan, tahap berikutnya dapat membahas dengan lebih seksama, sehingga didapat suatu keputusan yang tepat dan diyakini akan memberikan manfaat yang besar terhadap kepentingan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

Dijelaskan Bupati Irfendi Arbi, sesuai dengan maksud Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 154 ayat (1), berbunyi, “Perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

Keadaan yang menyebabkan harus ada dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, serta antar jenis belanja. Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun berjalan.

Penyesuaian rencana kegiatan dan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2016 dalam melaksanakan kewenangan penyelenggaraan pelayanan umum dan pembangunan akan diwujudkan dalam RPAPD (Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Sehingga dapat disusun laporan keuangan yang memenuhi kriteria tertib, transparan, akuntabilitas, akurat. Dengan demikian, diharapkan agar semua pihak yang berkepentingan dapat memahami kondisi keuangan yang akan berpengaruh terhadap alokasi yang diusulkan dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2016 ini.

“Di samping itu, perlu kami jelaskan, berdasarkan Surat Kementerian Keuangan RI Nomor S-579/PK/2016 tentang Penyampaian Informasi kepada Daerah tentang Penghentian Penyaluran Dana Tunjangan Profesi Guru dan Tambahan Penghasilan Tahun Anggaran 2016. Untuk Kabupaten Limapuluh Kota akan dihentikan penyaluran pada triwulan IV sebesar 36,9 miliar rupiah lebih, yang mengakibatkan berkurangnya jumlah alokasi dana perimbangan yang ditransfer Pemerintah ke kas daerah Kabupaten Limapuluh Kota,” imbuhnya.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*