Bupati Pimpin Ikrar Damai Pemuda Nagari Terlibat “Cakak Banyak”

Tanahdatar, PADANGTODAY.com – Pertikaian dan kesalapahaman antara masyarakat Jorong Lumbung Bapereng Nagari Rao-Rao dengan masyarakat Nagari Koto baru kecamatan Sungai Tarab yang terjadi Selasa (19/08) akhirnya berdamai dengan menandatangani surat perdamaian.

Kesigapan aparat keamanan begitu mendapat laporan terjadi pertikaian kelompok masyarakat ini patut diacungkan jempol. Polsek dan Polres, Kodim dan satpol PP terjun langsung kelokasi, sehingga pertikaian cepat diatasi dan tidak meluas.

Perdamaian ini berlangsung di Kantor Camat Sungai Tarab, Rabu (20/8) dihadiri perwakilan dari kedua Nagari yang juga dihadiri Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Kav.Sutrisno Wibowo, Kapolres AKBP Nina Febri Linda, Asisten Pemerintahan Altri Suandi, Camat dan Muspika Sungai Tarab, Wali Nagari Koto Baru dan Rao-rao, serta unsur dari Kodim dan Polres lainnya.

Setelah sepakat untuk berdamai dan tidak akan mengulangi lagi, maka ditandatangi surat perdamaian oleh Ketua Pemuda Lumbung Bapereng Rao-Rao Anas. M dan Ketua Pemuda Koto Baru Irwan dengan saksi Kapolsek serta Danramil Sungai Tarab.

“Saya sangat cinta kepada masyarakat Tanahdatar, kalau masyarakat tidak nyaman dan bertikai antara sesama maka ini merupakan beban bagi saya,” ujar Shadiq Pasadiqoe.

Shadiq menambahkan, kepada masyarakat kedua nagari cukuplah kejadian ini yang terakhir,pertikaian dan perselisihan bukanlah budaya kita sebagai urang Minangkabau dan
hendaknya masyarakat agar jangan cepat terpancing oleh isu yang tidak baik.

“Kalau ada terjadi sesuatu di nagari lapor dulu kepada ninik mamak dan Wali Nagari agar jangan terjadi kesalahpahaman seperti yang terjadi saat ini. Kedepan peranan ninik mamak dan orang tua sangat diharapkan untuk mengawasi anak kemenakan masing-masing, jangan pula orang tua dan ninik mamak ikut memprofokasi anak kemenakan kita,” akhirnya. (romi)