Campus Expo Mencetak SDM Di Kota Pariaman

Padang-today.com__Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, membuka secara resmi Pariaman Campus Expo 2019 yang ke 6 di Gor Rajo Bujang Karan Aur Kota Pariaman, Minggu (27/1) pagi.

Pemko Pariaman akan tetap untuk meningkatkan taraf pendidikan di Kota Pariaman agar Sumber Daya Manusia ‘SDM’ di daerah itu dapat bersaing dari daerah-daerah lainya yang ada di Sumbar pada khususnya, Indonesia pada umumnya.

Dengan adanya Campus Expo 2019 ini dapat mengukir prestasi dari siswa-siswi itu sendiri dalam dunia pendidikan saat ini.

“Manfaatkanlah masa SMA/SMK dengan sebaik-baiknya, tanamkan semangat belajar untuk bisa meraih prestasi dalam pendidikan, maka dengan prestasi tersebut akan mempermudah untuk masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan dan cita-citakan”, kata Genius.

Ia memotivasi kepada seluruh peserta yang merupakan calon mahasiswa yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK se-Kota dan Kabupaten Padang Pariaman.

Diakui, pihaknya sangat konsen meningkat taraf pendidikan di Kota Pariaman, sesuai dengan beberapa kebijakan yang telah dibuat oleh Pemko Pariaman, pertama melanjutkan program wajib belajar 12 tahun mulai SD, SMP sampai SMA dengan tujuan agar rata-rata pendidikan di Kota Pariaman semakin meningkat dan tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman juga semakin membaik.

Kedua, program satu rumah satu sarjana untuk keluarga miskin, ditahun ini pihaknya sudah menyekolahkan sekitar 19 orang anak-anak Kota Pariaman sekolah di Politeknik Negeri Padang (PNP) yang bertempat di UNAND Padang dengan masa pendidikan selama 3 tahun.

“Kita juga menjalin kerjasama dengan Politeknik Perindustrian Padang dan Politeknik Pelayaran Padangpariaman, kita mengirim anak-anak Kota Pariaman yang berstatus keluarga kurang mampu untuk dapat menempuh pendidikan di 3 (tiga) perguruan tinggi tersebut”, lanjut dia.

Dengan harapan, setamat kuliah disana mereka bisa langsung diterima bekerja di perusahaan-perusahaan industri di Indonesia, mereka akan menerima gaji dengan begitu mereka bisa mengangkat derajat dan perekonomian keluarganya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong anak dan generasi muda di Pariaman ini untuk dapat menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan kuliah di perguruan tinggi yang mereka impikan, tidak sedikit pula lembaga-lembaga beasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia yang bisa membantu.

Ia menekankan, untuk seluruh peserta seminar bahwa untuk bisa sukses maju dan berkembang dimasa depan, kita harus harus selalu meningkatkan derajat pendidikan.

Sementara itu, Indah selaku panitia acara Pariaman Campus Expo 2019 mengatakan kegiatan Pariaman Campus Expo ini adalah program kerja mahasiswa Sumbar maupun diluar Sumbar yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa (Gempar) Pariaman.

Pariaman Campus Expo 2019 ini berdiri sejak tahun 2013 dan sekarang adalah yang ke-6 (enam) digelar di Kota Pariaman. Jumlah peserta seminar Pariaman Campus Expo tahun 2019 ini adalah sekitar 1200 orang dan peserta try out sekitar 900 orang berasal dari siswa-siswi se-Kota dan Kabupaten Padangpariaman.

“Pada rundown acara ini ada sesi mentoring dimana pada sesi mentoring ini nanti peserta diberi kesempatan untuk menanya dan berdiskusi langsung dengan kami sesuai dengan masing-masing kelompok jurusan yang akan dipilihnya”, kata dia.

Kegiatan ini pada dasarnya merupakan sosialisasi untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Seminar juga menghadirkan narasumber, di antaranya Ketua Himpunan Pelajar Indonesia United Kingdom dan founder pulangkampuang.com, Faldo Maldini, Penerima Beasiswa Aktivis Nusantara 8, Nofriadi Kurnia Putra, Dosen UNP lulusan S2 University of Manchester UK, Dedi Supendra dan Presiden BEM KM UNAND 2018, Faizil Putra. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas