Canangkan PKK KB Kes 2017, Wawako Erwin Ajak Masyarakat Cegah Kanker Serviks

Canangkan PKK KB Kes 2017, Wawako Erwin Ajak Masyarakat Cegah Kanker Serviks

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Penyakit kanker mulut rahim (serviks) merupakan penyakit berbahaya yang tidak menular. Saat ini telah mewabah dan menjadi masalah serius ditengah-tengah masyarakat dan secara nasional telah menjadi perhatian dari pemerintah Indonesia. Sebab, jumlah penderita kanker ini semakin meningkat serta kurangnya kesadaran masyarakat khususnya kaum wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan diri.

Menyikapi hal tersebut Pemko Payakumbuh dalam pencanangan Bulan Bhakti PKK KB Kes tahun 2017, yang bertempat di Lapangan Hijau Kampus Flamboyan SMAN 2 Payakumbuh, Bukik Sitabuah, Kec. Payakumbuh Timur, Selasa (24/10).

Pencanangan yang diresmikan Wakil Walikota, Erwin Yunaz, dan didampingi Assiten I, Yoherman, Ketua TP PKK Henny Yusnita, Wakil Ketua TP PKK Magdalena, Kadinkes Elzadaswarman, Kadiknas Agustion, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Syahnadel Khairi, Kepala BPJS Yoelizar Zubir, pimpinan OPD, Kementerian Agama, BNN kota Payakumbuh, Camat dan Lurah. Tampak juga dihadiri Kader PKK, Kader Posyandu dan para undangan.

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz dalam sambutannya mengharapkan peran aktif warga dalam pencegahan dan penekanan angka penderita kanker serviks.

Setiap warga harus menyadari akan bahaya penyakit kanker serviks ini, kepedulian semua pihak sangat dituntut dalam rangka mencegah perkembangannya. Seluruh elemen harus bahu-membahu tak terkecuali bagi ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh, instansi vertikal dan lainnya.

Maka dari itu melalui kegiatan bulan bhakti Kesatuan Gerak PKK KB-Kes ini akan digiring langsung oleh Pemko Payakumbuh hingga akhir tahun. Perwujudan masyarakat Payakumbuh yang sehat sebagai wujud amanah dari undang-undang No. 36 Tahun 2009 dan UU No. 52 Tahun 2009 tentang kesehatan serta perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

“Kader PKK sebagai penggerak diharapkan aktif memberikan pencerahan dan pembinaan terhadap masyarakat dan keluarga. Dan hal ini menjadi salah satu fokus program PKK saat ini,” ungkap Erwin Yunaz.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Henny Yusnita mengharapkan semua unsur dan masyarakat untuk mengedepankan prilaku hidup bersih dan sehat.

“Dalam mensukseskan kesatuan gerak PKK KB Kes, diharapkan kesadaran dan kerjasama semua unsur terkait untuk mengutamakan dan mengedepankan PHBS. Partisipasi aktif kader PKK dan Kader Posyandu melalui holistik terintegrasi. Pencegahan kanker serviks adalah tanggungjawab kita semua, meningkatkan kesadaran masyarakat perlu diupayakan lebih maksimal dalam mendukung program kesehatan nasional,” kata Henny.

Kemudian Kepala DP3AP2KB, Syahnadel Khairi melaporkan, bahwa kegiatan ini adalah program Pemko Payakumbuh yang dilaksanakan tiap tahunnya, dan pada tahun ini dimulai Oktober hingga Desember mendatang sekaligus kelanjutan dari Bulan Bhakti TNI KB Kes yang berakhir bulan Oktober ini.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara sejumlah OPD terkait, TP PKK Payakumbuh, dan BPJS tentang kegiatan deteksi dini kanker Serviks yang disaksikan oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas