Cara Mencegah Kerontokan Rambut

Ilustrasi rambut rontok.

Ilustrasi rambut rontok.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya untuk wanita. Rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting, di samping bisa mempercantik seorang wanita rambut juga bisa dijadikan ajang untuk bergaya bagi seseorang.

Tapi semua itu akan sia-sia jika Anda mengalami rambut rontok. Jika sudah parah Anda bisa mengalami kebotakan.

Berikut beberapa tips mencegah kerontokan rambut.

1. Pijat kulit kepala

“Pijat kulit kepala membantu merangsang kulit kepala dan mengangkat sel dan mendorong pertumbuhan rambut sehat,” kata trichologist (seseorang yang mempelajari kulit kepala dan rambut kesehatan), Philip Kingsley, seperti dilansir laman Womens Health Magazine, Kamis (9/4).

Gunakan bola jari Anda untuk memijat sampo ke kulit kepala Anda, bergerak dari garis rambut ke bagian belakang kepala. Langkah ini berguna untuk meningkatkan aliran darah dan merangsang folikel rambut untuk tumbuh.

2. Jangan menyikat rambut saat basah

“Rambut paling rentan terhadap kerusakan ketika basah karena kutikula pelindung sedikit terangkat,” kata Robert Dorin, seorang ahli bedah rambut restorasi di True & Dorin Medical Group di New York City. Tunggulah sampai rambut Anda kering sepenuhnya, baru Anda bisa menyisir rambut Anda.

3. Batasi paparan sinar matahari

Terlalu banyak paparan sinar UV dari matahari bisa merusak rambut Anda dan menyebabkan rambut tampak kusam. Hal ini karena protein keratin pada rambut memecah saat terkena sinar UV.

Sebelum Anda bepergian, sebaiknya Anda melindungi rambut Anda dengan hairspray yang memiliki perlindungan UV.

4. Konsumsi makanan yang mengandung protein

Rambut terbuat dari protein dan sel rambut adalah sel-sel dengan pertumbuhan tercepat kedua yang dihasilkan tubuh Anda. Namun, karena rambut adalah jaringan non-vital, rambut adalah yang terakhir yang mendapatkan keuntungan dari yang Anda makan.

Untuk itu, setidaknya Anda harus mengonsumsi 2 hingga 3 porsi protein yang bisa Anda temukan dalam ayam tanpa lemak, ikan, telur, dan yogurt Yunani rendah lemak.

5. Hindari penggunaan produk styling rambut secara terus menerus

Jangan menggunakan produk styling terus menerus karena mereka mengandung kadar alkohol tinggi yang bisa menyebabkan kekeringan. Coba gunakan produk styling lembut seperti styling krim yang menjaga kelembaban kutikula rambut tanpa membuat gesekan ketika sedang disikat.

(fny/jpnn/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*