Cegah Balap Liar Dan Curanmor, Polres Agam Amankan 122 Unit Sepeda Motor

Motor balap yang berhasil diamankan Petugas Razia.

Motor balap yang berhasil diamankan Petugas Razia.

AGAM, PADANGTODAY.com-Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor atau curanmor yang terjadi belakangan ini serta aksi balap liar yang kerap meresahkan masyarakat di sejumlah lokasi dikota Lubukbasung Kabupaten Agam, membuat pihak kepolisian geram dan semakin gencar melakukan razia dilokasi yang sering dijadikan arena balap liar.

Seperti yang terjadi Sabtu (31/1) malam, tim gabungan yang terdiri dari personil Kepolisian dari Polres Agam, TNI, Satpol PP, melakukan razia di area Sport Center Bukik Bunian Lubukbasung.

“Razia ini kita gelar karena adanya laporan dari masyarakat yang sudah resah akibat aksi balap liar disejumlah tempat di Lubukbasung. Jika dilokasi sport center sering dijadikan tempat balapan, maka tidak menutup kemungkinan kendaraan yang digunakan merupakan hasil dari pencurian, serta kita memperkecil ruang gerak para pelaku curanmor yang kerap mengambil kesempatan pada waktu balapan liar,” ujar Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono, SIK kepada padangtoday.com, Minggu (1/2) dinihari dihalaman Satlantas Agam.

Sari pantauan padangtoday.com saat berlangsung razia, berbagai cara dilakukan pengendara sepeda motor untuk menghindari petugas, salah satunya dengan menyembunyikan kendaraan mereka di dalam semak belukar di area sport center, bahkan ada yang sampai memasukkan kendaraan mereka kedalam selokan, namun hal tersebut tidak mematahkan semangat petugas untuk mengangkut kendaraan yang rata-rata dalam kondisi trondol atau tidak lengkap.

” Tim berhasil mengamankan sebanyak 122 unit kendaraan roda dua dari berbagai merek yang berada dilokasi sport center. Kebanyakan kendaraan tersebut dalam kondisi tidak lengkap, kita akan menyuruh pemilik kendaraan untuk kembali pada hari Senin dengan membawa spion dan knalpot agar menjadikan kembali kendaraan mereka dalam kondisi standar sehingga baru kita akan layani pengurusan tilangnya, apabila mereka tidak mengembalikan motor mereka dalam kondisi standar, maka kita tidak akan melayani tilang dan motor akan tetap ditahan. ” tambah Kapolres.

Kendaraan yang telah diamankan di kantor Satlantas Polres Agam ini, nantinya akan ditelusuri kelengkapan surat-surat kendaraan, apakah memang memiliki surat-surat atau tidak, apabila tidak memiliki surat maka motor tersebut akan di sinkronkan dengan data pencurian kendaraan bermotor yang terjadi belakang ini.

Setelah diberikan pengarah kepada para pemilik motor oleh Kapolres Agam tentang aksi balap liar yang meresahkan masyarakat, kemudian para pemilik motor disuruh pulang untuk melaporkan kepada orang tua mereka bahwa motornya telah ditahan. Banyak pemilik motor yang harus pulang dengan berjalan kaki setelah motornya ditahan.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*