Cegah Covid19, Kades Koto Marapak Terapkan Aturan Pelayanan Luar Kantor

Padang-today.com – Pandemi Covid-19 kian meresahkan masyarakat. Seiring jumlah kasus yang terus meningkat, pemerintah berupaya memperkuat percepatan penanganan Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan kasus sehingga badai corona akan segera berakhir.

Berdasarkan website resmi Pemerintah Kota Pariaman www.pemerintah.go.id menyebutkan satu orang warga Pariaman Utara positif COVID-19. Pemerintah setempat berbagai upaya telah dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19, salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial guna mencegah sekaligus memutus rantai penularan.

Menyebarnya virus ini bukan saja melumpuhkan ekonomi masyarakat, akan tetapi juga menghambat pelayanan bagi masyarakat yang ingin berurusan di pemerintahan.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur. Kepala Desa Koto Marapak Yuhaldi tetap memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakatnya walaupun saat ini dalam situasi yang serba memprihatinkan.

Yuhaldi mengatakan, untuk pelayanan publik bagi warganya yang ingin berurusan, mulai Senin (13/4) kemaren, pihaknya sudah mulai melayani  pengurusan surat menyurat masyarakat di luar kantor, dan waktu pelayanan tetap sama dengan hari-hari biasa yaitu dimulai dari pukul 08.00 s/d 16.00 wib

Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga, pihaknya menempatkan satu orang perangkat desa di luar kantor untuk mengambil surat-surat yang akan di urus oleh masyarakat.

“Pihak petugas dari perangkat desa melayani masyarakat di luar kantor, setelah itu perangkat desa tersebut akan membawa surat-surat itu kedalam kantor untuk di proses, dan ketika surat-surat tersebut selesai akan diantar kembali keluar kantor, dan diberikan kepada masyarakat yang sudah menunggunya”, jelas Yuhaldi, Rabu (15/4) di kantornya.

Hal ini dilakukan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Dengan cara menerapkan aturan sosial distancing (menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya), untuk perangkat desa dan juga masyarakat Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman.

“Dalam sehari masyarakat yang datang berurusan lebih dari sepuluh orang, maka hal ini kami lakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19,” kata dia.

Untuk memberikan pelayanan kepada warga di desa setempat, pihaknya  menyediakan tempat untuk mencuci tangan dan juga menyediakan hand sanitizer. Artinya, sebelum perangkat desa dan masyarakat yang datang ke  kantor untuk berurusan, mereka harus terlebih dahulu mencuci tangan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi dalam kondisi saat ini.

Yuhaldi berharap semoga wabah virus ini cepat berlalu, sehingga aktivitas masyarakat dan pemerintahan kembali normal seperti biasanya. Selain itu, Ia mengajak kepada masyarakat untuk bisa mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, agar masyarakat tidak banyak yang terpapar, dan selalu menggunakan masker setiap keluar rumah serta jaga jarak dalam setiap aktivitas yang melibatkan banyak orang. (SugeR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas