Cegah Rabies, Hewan Peliharaan di Kabupaten Agam Dilakukan Vaksinasi

 

Agam, PADANGTODAY.com-Sebanyak 1.499 hewan peliharaan di kabupaten Agam telah dilakukan vaksinasi rabies. Hewan peliharaan yang telah divaksinasi tersebut berada di Kecamatan Malalak sebanyak 359 ekor, Tanjung Raya sebanyak 300 ekor, Ampek Koto sebanyak 93 ekor, Matur sebanyak 184 ekor, Lubukbasung sebanyak 300 ekor dan Kecamatan Palembayan sebanyak 263 ekor, yang terdiri dari hewan peliharaan seperti, kera, kucing dan anjing.

“Untuk vaksinasi ini, kita menurunkan para petugas yang berada pada delapan Unit Pelayanan Teknis (UPT) peternakan kecamatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Ir. Afdhal.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut masih merupakan data sementara, sedangkan pihaknya masih terus melakukan pendataan dilapangan untuk kemudian dilakukan vaksinasi lanjutan.

Pada 2015, Dispertahornak Kabupaten Agam telah menganggarkan vaksinasi sebanyak 2.000 dosis melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam dan Provinsi Sumbar sebanyak 5.000 vaksin dan telah distribusikan ke delapan UPT peternakan di kecamatan.

“Jika dosis ini kurang, kita bisa mengajukan permintaan tambahan ke Provinsi Sumatera Barat, karena bantuan dari Provinsi Sumbar baru diterima sebanyak 3.000 vaksin,” katanya.

Sedangkan pada 2014, Dispertahornak Kabupaten Agam telah memberikan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan sebanyak 7.000 ekor.

“Tahun ini kesadaran masyarakat untuk vasinasi hewan perliharaan semakin tinggi,” katanya.

Disamping itu, pihaknya juga melakukan uji labor hewan terkena rabies dan koordinasi dengan nagari dan jorong dalam pemberian vaksinasi ini.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*