Cepat Gemuk Di Akibatkan Makan Banyak Saat Stres

wanita_makan_spaghetti_stressPADANGTODAY.com – Anda bisa jadi pernah mengalami ini. Ketika merasa stres, seseorang cenderung akan makan lebih banyak. Inilah yang dinamakan dengan ‘stress eating’, yaitu ketika seseorang makan berlebihan untuk menghilangkan stres mereka. Penelitian mengungkap bahwa makan saat stres tak hanya bisa membuat perut Anda menjadi kembung, tetapi juga bisa membuat cepat gemuk!

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Biological Psychiatry menemukan kaitan langsung antara stress eating dengan penyimpanan lemak dalam tubuh. Ketika sedang stres, metabolisme tubuh akan berubah, sehingga Anda berkemungkinan lebih besar untuk menyimpan makanan dalam bentuk lemak.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengalaman terhadap 58 wanita sehat mengenai rasa stres yang mereka alami selama 24 jam sebelum mereka makan. Makanan yang diberikan mengandung 930 kalori dan 60 gram lemak. Selanjutnya peneliti menilai tingkat metabolisme tubuh partisipan dan tingkat kortisol mereka.

Wanita yang mengalami stres melaporkan bahwa mereka membakar 104 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan wanita yang tidak mengalami stres. Jika ini terjadi selama setahun, peneliti memperkirakan wanita tersebut akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat signifikan, seperti dilansir oleh Fit Sugar (07/07).

Jika Anda masih sering makan berlebihan ketika stres, atau sengaja makan banyak untuk meredakan stres yang dirasakan, hentikan sekarang juga. Kebiasaan tersebut tidak sehat dan bisa membuat Anda lebih cepat gemuk. Carilah cara lain untuk meredakan stres seperti bermeditasi, melakukan hobi, atau berjalan-jalan.(fr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*