China Menjatuhkan Sanksi Terhadap 11 Pejabat Terkait Insiden Malam Tahun Baru

Insiden Tahun Baru.

Insiden Tahun Baru.

Beijing ,PADANGTODAY,COM– Otoritas China menjatuhkan sanksi terhadap 11 pejabat di Shanghai terkait insiden malam Tahun Baru yang menewaskan 36 orang. Pejabat-pejabat yang dihukum itu dianggap gagal mencegah insiden tragis tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/1/2015), pemerintah dan pemimpin Partai Komunis dari distrik Huangpu menjadi pihak yang paling disalahkan dalam insiden, yang terjadi saat malam tahun baru lalu di area riverfront Bund.

“Jika dipikir, pemerintah distrik Huangpu dan kepala departemen terkait benar-benar lumpuh, sungguh besar kurangnya pemahaman untuk menjaga diri dari risiko keamanan publik,” ucap Kepala Komisi Darurat setempat, Xiong Xinguang yang menyelidiki insiden tersebut.

“Persiapan pencegahan dan penanganan sungguh sangat kurang, peringatan awal pada malam kejadian sangat lemah, dan langkah penanganannya tidak tepat,” imbuhnya.

Dari 36 orang yang tewas terinjak-injak dalam insiden tersebut, sebagian besar masih berusia 20-an tahun. Sekitar 49 orang lainnya mengalami luka-luka, dengan tiga orang di antaranya masih dirawat di rumah sakit hingga kini.

Pemimpin Partai Komunis cabang Huangpu, kemudian juga pemimpin distrik, kepala dan wakil kepala kepolisian distrik Huangpu dicopot dari jabatannya dan dipecat. Sedangkan 7 pejabat lainnya, termasuk dua personel kepolisian setempat dijatuhi sanksi disiplin.

Kesimpulan dari penyelidikan insiden ini membawa kelegaan bagi sebagian keluarga korban, yang selama ini terus mengkritisi lambannya penanganan dan penyelidikan oleh otoritas Shanghai.

“Paling tidak, seseorang telah bertindak dan mengambil tanggung jawab. Sekarang kita lihat apa yang akan terjadi dengan keluarga korban,” ucap Wang Jianhua yang saudara perempuannya tewas dalam insiden tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*