Dalami Teori, Mahasiswa Teknik Kimia UBH Kunjungi Industri CPO

Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang berlokasi di Muaro Usau - Kiliran Jao, Kabupaten Dhamasraya, Sabtu (22/11/2014).

Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang berlokasi di Muaro Usau – Kiliran Jao, Kabupaten Dhamasraya, Sabtu (22/11/2014).

Padang, PADANGTODAY.com-Memperkaya pengetahuan tidak hanya belajar teoritis di ruang perkuliahan saja tetapi dapat juga didalami melalui kunjungan lapangan ke industri, seperti yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta yang mengunjungi PT. Bina Pratama Sakato Jaya sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang berlokasi di Muaro Usau – Kiliran Jao, Kabupaten Dhamasraya, Sabtu (22/11/2014).

Kunjungan lapangan ini diikuti oleh 41 mahasiswa dari angkatan 2010-2013 dengan didampingi oleh 3 dosen pembimbing yaitu Dra. Elly Desni Rahmi, M.Si, Ir. Elmi Sundari,MT dan Dra. Munas Masrynis, M.Si. Kunjungan ini juga akan berlangsung dua kali yaitu pada 22 November dan 06 Desember 2014 mendatang.

Ketua Rombongan Kunjungan industri, Dra. Elly Desni Rahmi, M.Si mangatakan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Proses Industri Kimia, Teknologi Pengolahan Limbah Industri, dan Utilitas guna menambah pengetahuan dan pemahaman terhadap untuk pendalaman materi selama perkuliahan dengan melihat secara langsung aplikasinya di lapangan.

“Dengan kunjungan ini mahasiswa kita dapat melihat secara langsung dan mendalami salah satu proses di industri. Para mahasiswa bisa bertanya seputar proses pembuatan CPO dari mulai pengolahan bahan baku hingga menghasilkan produk, hasil limbah dan cara pengolahan limbah di industri CPO hingga bagaimana cara perusahaan memenuhi kebutuhan utilitasnya dalam menjalankan pabriknya seperti kebutuhan air, listrik, steam dan lainnya,” ujar Elly.

Sementara itu, Muhammad Irvan S, Manajer PT. Bina Pratama Sakato Jaya mengatakan perusahaan ini merupakan bagian dari Incasi Raya Grup yang bergerak bidang agribisnis dalam perkebunan dan pengolahan kelapa sawit yang berdiri sejak tahun 1992 dengan luas area pabrik 8,25 Ha serta produksi Tandan Buah Segar (TBS) 60 ton/jam.

“Kunjungan ini industri ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena dalam aturan pemerintah dunia pendidikan dan dunia industri harus saling bersinergi dan memiliki keterkaitan dalam mencipatkan sumber daya manusia yang siap dalam menghadapi dunia kerja,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan dengan kunjungan ini juga para mahasiswa dan dosen dapat melihat langsung proses dalam suatu industri dan dapat menggali lebih dalam informasi mengenai industri CPO sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

“Para mahasiswa Universitas Bung Hatta sangat antusias sekali saat berkeliling ke lokasi pabrik dan kita sangat mengapresiasi hal tersebut,” imbuhnya.

Sebelum berkeliling mahasiswa dan dosen pendamping diberikan pengarahan seputar keselamatan kesehatan kerja (K3) dan profil perusahaan. Setelah itu langsung berkeliling dimulai dari lokasi penimbangan Tandan Buah Segar, kemudian ke lokasi penyortiran dan tempat penimbunan sementara (Loding ramp) dan selanjutnya ke stasiun perebusan (sterilizer).

Setelah itu dilanjutkan ke lokasi stasiun thrashing dan stasiun press, stasiun pemurnian minyak dan stasiun kernel yang merupakan di unit proses produksi. Kemudian mahasiswa dan dosen pendamping juga berkeliling ke unit utilitas seperti stasiun boiler, stasiun power house, pengolahan air dan limbah, tidak lupa juga ke laboratorium.

Saat ini Universitas Bung Hatta melalui Fakultas Teknologi Industri telah melakukan kerjasama dengan Incasi Raya Group dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi dan melahirkan lulusan yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan melakukan kegiatan berupa kunjungan lapangan, penelitian, kerja praktik bahkan penerimaan pegawai baru. (dil/bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*