Damkar Padang Pariaman Latihan Padamkan Api dari Gedung Bertingkat

Damkar Padang Pariaman Latihan Padamkan Api dari Gedung Bertingkat

Padang-today.com__Untuk meningkatkan kemampuan memadamkan api di gedung bertingkat, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Padang Pariaman melakukan pelatihan pada 31 anggota damkar di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (9/8/2018).

“Untuk meningkatkan kualitas personil Damkar perlu diberikan pelatihan. Kali ini pelatihan yang diberikan memadamkan api dari gedung bertingkat. Kebakaran terjadi tidak¬† hanya pada rumah atau lahan saja, namun gedung pun juga bisa terjadi,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar di Padang Pariaman, Rianto, kemarin Kamis 10/08/2018.

Digelarnya pelatihan itu, terkait dengan pesatnya pembangunan di Padang Pariaman sudah mulai meningkat, seperti dalam program pemerintah daerah yaitu Tarok City yang sebentar lagi adanya pembangunan bertingkat seperti perguruan tinggi dan rumah sakit.

“Banyaknya bangunan gedung bertingkat tersebut, tentu perlu juga ditingkat kemampuan petugas damkar untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran,” kata dia.

Selanjutnya, kata dia, pemateri pelatihan memadamkan api di gedung itu dari Jakarta yang sudah memiliki sertifikat internasional. Pasalnya, ilmu yang diberikan tentunya sangat berarti bagi petugas damkar sehingga bisa langsung mempraktekkannya dilapangan.

Selain itu, dengan adanya pelatihan tersebut maka anggota Damkar di daerah itu semakin siap dalam memadamkan api di segala kondisi.

Ia berharap, akibat luasnya wilayah daerah Padang Pariaman, pihaknya akan mengusulkan penambahan posko damkar pada tahun 2019 di dua kecamatan, yakni kecamatan 2×11 Kayutanam dan Sungai Geringging. “Saat ini baru ada 3 posko damkar yang bertempat di Lubuk Alung, Sungai Limau dan Limpato,” tutupnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*