Damkar Payakumbuh Dihadang SMPN 1, DIkalungi Bunga Tanda Kasih

Damkar Kota Payakumbuh diapresiasi SMPN 1 Payakumbuh. (Atas) Sekretaris BPBD, Ketua Komite SMPN 1 Payakumbuh Ir Mediar Indra MSi, Kepala UPT Damkar Ahdion, dan Kepala BPBD Yufnani Away.

Damkar Kota Payakumbuh diapresiasi SMPN 1 Payakumbuh. (Atas) Sekretaris BPBD, Ketua Komite SMPN 1 Payakumbuh Ir Mediar Indra MSi, Kepala UPT Damkar Ahdion, dan Kepala BPBD Yufnani Away.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Berjuang demi kemanusiaan, pantang pulang sebelum api padam, menjadi jargon kini oleh Unit Pelaksana Teknis Damkar Kota Payakumbuh yamg memperingati hari Pemadam Kebakaran Nasional ke-97, 1 Maret 2016. Setelah melaksanakan upacara di Lapangan Balaikota Bukik Sibaluik, rombongan Damkar yang dikomandoi Kepala BPBD Payakumbuh Yufnani Away dan Kepala UPT Damkar Ahdion dihambat oleh kepsek, guru, dan siswa SMPN 1 Payakumbuh.

Sontak rombongan Damkar lengkap dengan mobil besar dan peralatan anti api beserta kru dan perlengkapannya mencicit berhenti. Tepat di depan SMPN 1 Payakumbuh, rombongan Branweer itu, kemudian turun, sedang jalanan di jalan utama itu jadi macet total.

Kepala SMPN 1 Payakumbuh Yusmar Khalif bersama Ketua Komite Mediar Indra menyongsong rombongan bersirine keras itu. Di tangan mereka, bersama para guru dan siswa menyerahkan sekuntum mawar masing-masingnya. Sebagai tanda kasih dan cinta masyarakat Payakumbuh terhadap pemadam kebakaran.

”Kita berharap agar Pemadam Kebakaran di bawah payung Badan Penanggulangan Bencana Daerah dapat bekerja demi kemanusiaan. Kami, SMPN 1 sebagai bagian masyarakat Payakumbuh mengucapkan terima kasih atas kinerja Damkar selama ini. Ke depan kita harapkan lebih mantap, personil dan peralatan,” ungkap Kepsek Yusmar Khalif.

Sementara itu, Ketua Komite SMPN 1 Payakumbuh, Ir Mediar Indra Msi yang Kadisdukcapil Payakumbuh itu saat memberikan bunga tanda kasih masyarakat Payakumbuh ke Yufnani Away berpesan agar Damkar tetap berdigdaya dan membantu masyarakat dan menanggulangi bencana. Seperti yang sudah dilakukan selama ini.

Spontanitas SMPN 1 Payakumbuh ini sempat mengejutkan aparat dan petugas Damkar. Sebab, sedang melaju di jalan berombongan mensosialisasikan sadar dan tanggap bencana, mereka dihambat anak sekolah. Tapi, setelah mengetahui, ini adalah aksi kasih masyarakat mereka terlihat kembali ceria.

Kepala UPT Damkar Kota Payakumbuh Ahdion, terlihat sumringah. Ia dikalungi rangkaian bunga di lehernya. Spontan ia berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini dan terus mendukung kinerja instansinya ini.

”Semoga masyarakat terus merasa memiliki Damkar ini. Kami tidak pernah merasa bosan dengan panggilan atau informasi sekecil apapun dari warga tentang adanya bencana. Tugas Damkar tidak hanya lagi memadamkan api, sebab kini kami sudah ada perahu karet yang kami tugaskan regunya ke Pangkalan dalam bencana banjir lalu. Kami pun punya Unit Reaksi Cepat, yang bertugas dalam bentuk penyelamatan bencana apapun,” ujar Ahdion dengan bersemangat.

Sebelumnya, Damkar Kota Payakumbuh, bersama seluruh stakeholder dan instansi pemerintah dan masyarakat melaksanakan upacara peringatan HUT Damkar Nasional ke-97 dengan Inspektur Upacara Walikota Riza Falepi. ”Pantang pulang sebelum api padam.”(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*