Dana Olahraga Minim, Atlet Sumbar Rawan Dicomot Provinsi Lain

PADANG,PADANGTODAY.COM-Anggaran salah satu sarana bagi olahraga Sumbar untuk bersaing di iven olahraga nasional. Atas dasar itu, DPRD Sumbar siap memberikan bantuan yang cukup untuk olahraga Sumbar termasuk bakal menyediakan dana untuk atlet andalan Sumbar yang sudah hengkang ke daerah lain. Kesiapan dewan ini disampaikan saat rapat dengan KONI Sumbar, Selasa (12/1) lalu.

Advertisements

“Setelah mendengarkan masukan dari cabang olahraga dan KONI, DPRD Sumbar makin memahami betapa pentingnya anggaran olahraga untuk mengangkat prestasi di iven nasional. Dengan minimnya dukungan dana, sangat sulit bagi kita untuk bersaing, malahan atlet-atlet kita rawan untuk dibajak daerah lain, karena mereka-mereka ini ditawari lebih di daerah lain,” ujar Waketum II KONI Sumbar, Handrianto.

Gejala dibajaknya atlet Sumbar oleh daerah lain sudah tergambar usai PON 2012 lalu, malahan dua atlet yang sukses menyumbangkan medali bagi Kontingen Sumbar di PON 2012 yakni Patresia Yosita (renang) dan Mela Rahayu (angkat berat) sudah hengkang ke daerah lain. “Kita berharap semua pihak benar-benar memberikan dukungan terhadap dana ini, soalnya dana ini termasuk roh dari olahraga prestasi,” terangnya.

Namum usai pertemuan dengan anggot DPRD, jelasnya, KONI sangat optimistis persoalan yang terjadi selama ini bisa teratasi, malahan atlet yang sudah dibajak daerah lain itu, bisa kembali ditarik.

“Kami sangat senang, DPRD siap memfasilitasi terutama soal anggaran untuk kembali memanggil atlet yang sudah dibajak daerah lain. Mudah-mudahan, semuanya bisa berjalan lancar,” harapannya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*