Dandim 0308/Pariaman: Kemampuan Berenang Prajurit Harus Terus Diasah

Seluruh personil Kodim 0308/Pariaman laksanakan Samapta.

Seluruh personil Kodim 0308/Pariaman laksanakan Samapta.

Advertisements

Padangpariaman, PADANG-TODAY.com-Komandan Kodim (Dandim) 0308/Pariaman, Letkol Arh Endro Nurbantoro menuturkan pentingnya kesadaran seorang prajurit untuk selalu Samapta tidak hanya untuk Satpur dan Satbanpur saja, Personel prajurit Komando kewilayahan pun harus lebih siap. Hal tersebut disampaikan Letkol Arh Endro Nurbantoro dalam sambutannya di depan seluruh personil Kodim 0308/Pariaman, Kamis (26/05).

“Tugas Prajurit Kodim sebagai Komando kewilayahan juga wajib bertanggung jawab membina wilayah teritorial. Selain itu Prajurit TNI dituntut untuk menguasai keterampilan renang militer. Karena keterampilan itu sangat dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan tugas, baik Usul Kenaikan Pangkat (UKP) serta Pendidikan. Karena para prajurit  TNI dalam perekrutan menjadi anggota TNI syaratnya adalah lulus Uji kemampuan berenang,” ujarnya.

Ditambahkan Letkol Arh Endro Nurbantoro, kemampuan berenang anggota harus terus diasah. Hal tesebut untuk mengantisipasi jangan sampai ada anggota yang gagal melaksanakan tugasnya hanya gara-gara tidak bisa berenang, baik yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP) maupun yang akan mengikuti Dikbangpers.

Lebih lanjut dijelaskan Dandim, aparat TNI teritorial memiliki tugas utama membina wilayahnya, termasuk juga membantu dalam penanganan kejadian-kejadian bencana. Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman sebagai salah satu pusat daerah Wisata dan Bencana yang rawan  banjir, menuntut aparat TNI yang bertugas di daerah ini harus siap jika sewaktu-waktu terjadi banjir dan ditugaskan untuk menolong korban. Untuk mengasah kemampuan anggota TNI tersebut, khususnya Kodim 0308/Pariaman, sambung Dandim, kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka mengisi minggu militer.

Kodim 0308/Pariaman melaksanakan renang militer di Kolam renang Tirta Alami Anai Resort Kayu Tanam. Sebelum pelaksanaan renang Prajurit Kodim 0308/Pariaman melaksanakan peregangan dan dilanjutkan dengan lari jalan di seputaran Anai Resort.

Selain itu juga diselenggarakan pertandingan renang tingkat Koramil dan Makodim yang pesertanya dipilih 3 orang dari tiap–tiap Koramil dan Makodim. Dalam pertandingan tersebut, diperoleh hasil untuk juara pertama dari Koramil 06/Kampung Dalam, juara kedua Makodim dan Juara ketiga Koramil 08/Sei Garingging. Para juara mendapat uang pembinaan dari Komandan Kodim 0308/Pariaman Letkol Arh Endro Nurbantoro.

Usai pelaksanaan latihan dan pertandingan renang militer, Kodim 0308/Pariaman bersama seluruh prajurit kodim makan bersama di lapangan golf Anai Resort guna mempererat persaudaraan dan kekeluargaan bagi seluruh personel Kodim 0308/Pariaman.(rel/dsp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*